oleh

Kaya Nutrisi, Tomat Sumber Likopen yang Baik

Mitrapost.com – Tomat menjadi jenis sayuran yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Memiliki rasa dan tekstur yang unik, banyak orang yang dibuat jatuh cinta dengan jenis sayuran ini.

Meski sebagian orang merasa bingung tomat tergolong dalam jenis saturan atau buah. Di luar kebingungan apakah tomat adalah buah atau sayur, bahan pangan bernama ilmiah Solanum lycopersicum ini adalah makanan yang lezat dengan kandungan gizi yang tinggi.

Baca juga: Peduli Lingkungan, Pengusaha Kain Ini Manfaatkan Warna Alam

Buah berwarna merah ini merupakan sumber antioksidan berupa likopen yang baik bagi tubuh. Likopen punya manfaat besar untuk penurunan risiko kanker dan penyakit jantung. Tak hanya itu, tomat juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik.

Sebanyak 100 gram tomat mengandung nutrisi senilai, kalori: 18, air: 95 persen, protein: 0,9 gram, sodium: 5 miligram, karbohidrat: 3,9 gram, gula: 2,6 gram, serat: 1,2 gram, lemak: 0,2 gram.

Melansir dari Verywell Fit, dalam 180 gram tomat segar cincang mengandung 7 gram karbohidrat yang terdiri dari 4,7 gram gula alami dan 2,2 gram serat.

Baca juga: Peduli Lingkungan, Pengusaha Kain Ini Manfaatkan Warna Alam

Gula alami yang terkandung dalam tomat adalah gula sederhana, seperti glukosa dan fruktosa. Jenis gula ini membentuk hampir 70 persen kandungan karbohidrat.

Dikutip dari Healthline, tomat adalah sumber serat yang baik. Tomat berukuran sedang menyediakan sekitar 1,5 gram serat. 87 persen serat pada tomat tidak larut, berupa hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

Bahkan, jumlahnya kurang dari setengah gram per satu cangkir tomat. Protein Dalam satu cangkir tomat segar cincang terdapat 1,5 gram protein.

Tomat adalah sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, di antaranya: Vitamin C. Satu tomat berukuran sedang dapat menyediakan sekitar 28 persen kebutuhan harian vitamin C.

Baca juga: Kacang Merah Kaya Serat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Kalium yang merupakan mineral penting untuk kontrol tekanan darah dan pencegahan penyakit jantung. Vitamin K1 atau phylloquinone yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Folat (vitamin B9) yang penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel. Ini sangat penting bagi wanita hamil. Senyawa tumbuhan lainnya Kandungan vitamin dan senyawa tanaman dalam tomat dapat sangat bervariasi bergantung pada varietas dan proses tumbuhnya.

Baca juga: 5 Manfaat Liburan Untuk Kesahatan Mental

Beberapa senyawa tanaman utama dalam tomat adalah:

  1. Likopen yang bertanggung jawab atas pigmen merah dan antioksidan.
  2. Beta karoten, antioksidan yang sering memberi warna kuning atau oranye pada makanan. Beta karoten diubah menjadi vitamin A di tubuh Anda.
  3. Naringenin adalah flavanoid yang terbukti mengurangi peradangan.
  4. Asam klorogenat, yaitu senyawa antioksidan kuat yang dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan kadar tinggi.

Klorofil dan karotenoid seperti likopen bertanggung jawab atas kekayaan warna tomat.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Atik Zuliati

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait