oleh

Bapelkes Riau Digunakan Tempat Isolasi Pasien Berstatus OTG

Pekanbaru, Mitrapost.com – Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Dinas Kesehatan Pemprov Riau yang terletak di kawasan Jalan Subrantas, Kecamatan Tampan, Pekanbaru saat ini dijadikan sebagai ruang isolasi pasien corona yang berstatus OTG.

“Saat ini ada 48 pasien covid yang ada di Bapelkes. Dari jumlah itu, 21 pasien perempuan dan 27 pasien laki-laki,” kata Kadis Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir pada Kamis (8/10/2020).

“Ini kita peruntukan bagi warga yang tidak memungkinkan isolasi mandiri di rumahnya sendiri. Misalkan, rumahnya kecil, sehingga penggunaan kamar mandinya masih bersama. Kalau kondisinya seperti itu, maka rawan akan penularan di keluarganya. Menghindari hal tersebut, kita anjurkan isolasi di tempat yang telah kita sediakan,” jelas Mimi.

Baca juga : Gubernur DKI Lantik Sekda Baru Gantikan Saefullah yang Telah Tutup Usia karena Covid-19

Bapelkes dijaga oleh Satgas Riau dan 8  personel TNI AD yang membantu menjaga keamanan. Ruang isolasi ini juga dijaga 4 orang dokter yang terdiri dari 3 dokter jaga dan satu dokter koordinator.

Sambung Mimi, juga disiagakan 14 perawat. Dua perawat bertugas sebagai pengawas dan 12 perawat bertugas melayani pasien corona.

Selama proses isolasi, pihak keluarga tidak diperkenankan membesuk. Bila ada kebutuhan pasien, keluarga hanya diperkenankan menitipkan barang di pos penjagaan. Selanjutnya petugas keamanan akan memberikan barang titipan tersebut ke pasien yang dituju.

“Selama isolasi seluruh pasien pagi hari harus melaksanakan olahraga bersama. Kegiatan olahraga ini akan dipimpin dari Satgas TNI,” ujar Mimi. (FT)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul “Pemprov Riau Jadikan Balai Pelatihan Kesehatan Ruang Isolasi OTG Corona.”

 

Komentar

Berita Terkait