oleh

Dewan Minta Pemkab Beri Bimtek kepada Operator SIKS-NG di Tingkat Desa

Pati, Mitrapost.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati berharap Pemkab memberikan bimbingan teknis kepada operator SIKS-NG di tingkat desa.

SIKS-NG merupakan aplikasi sistem informasi kesejahteraan sosial next generation yang digunakan untuk mempermudah dalam melakukan verifikasi data penerima manfaat bantuan sosial.

Menurut anggota DPRD Pati, Sutikno masih banyak operator SIKS-NG di tingkat desa yang masih belum menguasai aplikasi tersebut. Khususnya dalam melakukan proses verifikasi dan validasi serta memasukan data warga miskin dalam basis data terpadu (DBT).

Updating dan sinkronisasi data penduduk miskin di Dinas Sosial harus disertai dengan pelatihan atau bimtek bagi petugas operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) ditingkat desa,” terang Sutikno dalam rapat paripurna penyampaian pandangan umum fraksi Rabu kemarin.

Baca juga: Respon Bansos Tidak Merata, SMKN 2 Pati Menangkan Lomba Film Tingkat Provinsi

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pati Haryanto tidak menampik. Ia mengakui masih ada beberapa operator SIKS-NG yang belum sepenuhnya menguasai aplikasi.

Namun pihaknya menegaskan pelatihan dan bimtek operator SIKS-NG sudah dilakukan di 401 desa dan 5 kelurahan pada perubahan anggaran tahun 2019.

“Sehingga langkah kami adalah dengan melaksanakan bimbingan teknis secara internal dengan memanggil operator desa tersebut ke Dinas Sosial P3AKB,” pungkasnya. (Adv/AR/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed