oleh

Hanya Dihuni 16 Persen, RSUD Soewondo Pati Sediakan 16 Ruang untuk Pasien Covid-19

Pati, Mitrapost.com Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo hanya menyediakan 16 ruangan untuk pasien positif Covid-19 dan 60 ruangan karantina orang tanpa gejala.

Padahal tingkat hunian rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati saat ini hanya 16 persen dari kapasitas yang ada.

Hal ini disayangkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati. Menurut Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Pati Joni Kurnianto jumlah ruangan itu masih jauh dengan angka Covid-19 di Kabupaten Pati. Dan hal tersebut menunjukkan upaya penanganan Covid-19 di RSUD RAA Soewondo kurang maksimal.

“Ternyata tersedia kamar cuma 16. Rumah sakit yang besarnya seperti itu dengan tingkat hunian 16 persen, cuma disediakan 16 untuk orang sakit Covid-19. Untuk isolasi ada 60 lebih,” ujar Joni selepas memimpin Rapat Bersama Komisi D DPRD Kabupaten Pati dengan manajemen RSUD RAA Soewondo, Kamis (15/10/2020).

“Dengan kondisi Kabupaten Pati yang memiliki 1,3 juta jiwa dan kasus Covid-19 yang merangkak naik itu, (tingkat hunian) hanya 16 persen kan lucu banget. Terus kerjanya (karyawan) apa,” lanjut politis asal Partai Demokrat ini.

Baca juga: Sistem Rujukan RS Soewondo Lambat, Haryanto: Akan Kami Optimalisasi

Ia menilai kondisi ini malah memperlemah upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah dilakukan Pemkab Pati dengan mewajibkan masyarakat menggunakan masker maupun pemberlakukan jam malam.

“Kita kenceng-kencengan menggerakkan program memakai masker sementara satu sisi untuk perawatannya tidak kita siapkan, ya omong kosong ini namanya,” kata Joni.

Pihaknya pun meminta kapasitas untuk penanganan pasien positif Covid-19 di RSUD RAA Soewondo ditambahi dan akan memberikan tenggang waktu untuk menjawab permasalahan ini.

“Kita beri tenggang waktu satu minggu nanti jawabannya bagaimana, karena Direkturnya tadi ndak datang. Nanti kita lihat setelah sebulan, ada perubahan ndak. Kita sidak,” pungkas Joni. (Adv/UH/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed