oleh

Dewan Pati: Pengendara Melebihi Beban Muatan Sebab Pendeknya Umur Jalan

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), soroti kondisi jalan utama yang memanjang dari kecamatan Juwana -Wedarijaksa, dan Juwana – Tayu. Seakan menjadi permasalahan tahunan, jalan tersebut selalu dilaporakan rusak oleh warga meski rutin diperbaiki.

Muntamah menganalisis, rusaknya jalan yang kontinyu disebabkan oleh banyaknya pelanggar muatan, baik dari kendaraan ringan hingga kendaraan berat yang melebihi beban (Overload) dari kelas jalan yang sudah ditetapkan di area tersebut.

Baca juga: Dewan Apresiasi Perbaikan Dua Jalan Utama di Pati

“Kami juga meminta kepada pemerintah daerah untuk komuniasi dan koordinasi terkait penanganan pelanggaran penggunaan kelas jalan, terutama ruas jalan Juwana – Wedarijaksa dan Juwana – Tayu,” katanya mewakili Fraksi PKB dalam sidang Paripurna DPRD Kabupaten Pati beberapa waktu lalu.

Aktifitas pelanggaran kelas jalan mengakibatkan kerusakan jalan yang lebih cepat dari umur yang sudah diprediksi pada awal perencanaan.

Baca juga: Serapan Anggaran Rendah, Dewan Pati: Perlu Skala Prioritas

Berangkat dari kedua jalan tersebut, Pemkab diimbau untuk perhatikan jalan lain yang juga digunakan untuk akses kendaraan dari luar kabupaten.

“Yang setiap hari terjadi pelanggaran serta jalan-jalan kabupaten lainnya, karena akan mempersingkat umur jalan dan mengganggu penguna jalan lain,” imbau Muntamah.

Upaya untuk memperpanjang umur jalan raya biasanya bisa dilakukan dengan cara menambahkan tebal dan keras jalan sesuai spesifikasi pembangunan yang berlaku. (Adv/MA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait