oleh

Serapan Anggaran Rendah, Dewan Pati: Perlu Skala Prioritas

Pati, Mitrapost.com – Triwulan ke-III 2020, ada tiga Organisasi perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pati dengan serapan anggaran terendah. Ketiga OPD tersebut adalah Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil), Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika), dan Dinporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata).

Secara umum, melesetnya realisasi serapan anggaran disebabkan pada dua faktor. Di antaranya lantaran pemberlakuan aturan social distancing yang membatasi aktivitas OPD, sedangkan faktor yang lain disebabkan perencanaan anggaran dari OPD yang asal-asalan.

Baca juga: Dewan Pati Usulkan Metode Ini untuk Pacu Kualitas ASN dalam Melayani Masyarakat

Rendahnya serapan anggaran pada tiga OPD tersebut menuai respons dari salah satu anggota DPRD Pati, Noto Subiyanto. Menurutnya, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya skala prioritas yang diterapkan pada setiap OPD.

Tak hanya itu, Ia juga menekankan untuk mengupayakan agar skala prioritas yang telah dibuat terlaksana dengan baik.

Baca juga: Kerabat Dewan Pati Terlantar di RSUD RAA Soewondo, Bagaimana Masyarakat Biasa?

Anggota dewan dari Fraksi PDI Perjuangan itu menyarankan untuk melakukan review tiap sektor yang masih kurang optimal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan apa saja yang perlu diperbaiki agar penyerapan anggaran dapat berjalan optimal.

“Seharusnya ada skala prioritas harus diupayakan dengan baik dan me-review sektor yang masih kurang,” ujar Noto kepada Mitrapost.com, Senin (19/20/2020). (Adv/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait