oleh

Berdalih Tawarkan Pembuatan Rekening, Uang Atlet eSport Ditilap Pegawai Bank

Jakarta, Mitrapost.com Tengah ramai menjadi sorotan media, oknum Maybank Cabang Cipulir menilap uang tabungan milik atlet eSport Winda Lunardi dan ibunya senilai Rp 22 miliar.

Dalam proses penyelidikan oleh tim kepolisian, Kepala Maybank Cabang Cipulir berinisial A mengaku memindahkan uang nasabahnya ke sejumlah rekening untuk mendapatkan keuntungan.

“Tanpa seizin pemiliknya yang bersangkutan mengambil uang tersebut, menguras sampai habis kemudian diberikan beberapa temannya untuk diputar untuk mencari keuntungan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, melansir Detik pada Sabtu (7/11/2020).

Awi menyebutkan tersangka menggunakan jabatannya sebagai business manager untuk menguras uang korn. Motif yang digunakan yakni dengan menawarkan pembuatan rekening berjangka kepada korban, namun ternyata rekening tersebut dipalsukan. Tak hanya itu, tersangka A juga memalsukan data-data korban.

Tersangka A kemudian mengalirkan uang milik korban ke rekening rekan-rekannya untuk kepentingan investasi.

Baca juga: Residivis Kasus Penipuan Dijebloskan Bui Setelah 8 Tahun Jadi Buron

Namun hingga saat ini polisi masih mendalami lebih lanjut tentang investasi yang dilakukan tersangka A dan rekannya.

“Bahkan yang bersangkutan sendiri yang menawarkan terhadap korban ini untuk membuka rekening berjangka. Sementara rekening tersebut di Bank MI (Maybank Indonesia) sendiri tidak ada. Jadi memalsukan data-datanya sehingga dari situ uangnya ditarik sama yang bersangkutan diinvestasikan untuk kegiatan dengan teman-temannya tadi,” tuturnya.

Awi memastikan teman-teman tersangka A bukan pegawai dari Maybank. Namun dia tak menyebut detail soal identitas dan jumlah teman-teman tersangka A yang terlibat dalam kasus ini. Awi mengatakan teman-teman tersangka A sudah ditahan di Polda Metro Jaya.

“Ya pokoknya teman-temannya tadi. Bukan (pegawai Maybank), orang luar,” imbuhnya.

Baca juga: Penipuan Berkedok Hadiah Perbankan Masih Marak, Dewan Barharap Nasabah Diedukasi

Untuk diketahui, perkara tersebut dilaporkan oleh Herman Lunardi dengan rekening atas nama Winda selaku anak dan Floleta selaku istrinya pada 8 Mei 2020. Laporan tersebut bernomor: LP/B/0239/V/2020/Bareskrim dengan total tabungan yang raib sebesar Rp 20 miliar lebih. Saat ini perkara sudah masuk ke tahap penyidikan.

Saat ini tim penyidik juga sedang melakukan identifikasi aset dan penelusuran aliran dana tersangka A serta penerima aliran dana tersebut. Selain itu, tim akan menelusuri penerima dana dari hasil kejahatan tersebut.

Tersangka A dijerat Pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) UU 10/1998 tentang Perbankan serta Pasal 3, Pasal 4, dan Pasal 5 UU 8/2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Dalam kasus ini, sudah 23 saksi yang diperiksa. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul ‘Kacab Maybank yang Tilap Uang Winda Earl Rp 22 M Dijerat Pasal Berlapis‘.

Komentar

Berita Terkait