oleh

Banyak Protes UU Cipta Kerja, Pemerintah Buka Ruang Usulan

Jakarta, Mitrapost.com Undang-Undang Cipta Kerja yang sudah ditandangani oleh Presiden RI Joko Widodo hingga kini masih menuai banyak protes dari masyarakat. Hal ini membuat pemerintah membuka ruang untuk memberikan masukan dan usulan dalam penyusunan aturan turunan atau peraturan pemerintah (PP) dari UU Cipta Kerja tersebut.

Adapun ruang tersebut dapat diakses masyarakat melalui portal resmi UU Cipta Kerja ke situs web web https://uu-ciptakerja.go.id.

“Supaya dapat menampung seluruh aspirasi masyarakat dan agar sejalan dengan tujuan pembentukan UU Cipta Kerja,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dikutip dari Antara, Senin (9/11/2020).

Portal tersebut dapat diakses oleh seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan dalam menyempurnakan draf Rancangan PP dan Draf Rancangan Peraturan Presiden (RPerpres) sebagai pelaksanaan UU Cipta Kerja.

Airlangga berharap penyusunan Rancangan PP dan Rancangan Perpres berlangsung transparan dan melibatkan partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat.

Baca juga: 3 Admin Medsos Ditangkap Polisi Karena Ajak Pelajar Rusuh Saat Demo UU Cipta Kerja

Ia juga memastikan seluruh kementerian/lembaga terkait, secara terkoordinasi juga akan melakukan sosialisasi, publikasi, dan konsultasi publik terhadap substansi dan materi dari draf RPP dan RPerpres.

Airlangga menyatakan sesuai hasil pencatatan bersama seluruh K/L terkait, terdapat 44 peraturan pelaksanaan UU Cipta Kerja yang terdiri dari 40 RPP dan empat Rancangan Perpres.

Saat ini, 19 K/L yang menjadi penanggung jawab dari Draf RPP dan RPerpres bersama lebih dari 30 K/L lainnya tengah menyelesaikan penyusunan 44 peraturan pelaksanaan tersebut.

Dia menambahkan UU Cipta Kerja diharapkan mampu mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional yang saat ini tengah dilakukan pemerintah dalam menghadapi masa pandemi covid-19.

Selain itu, lanjut Airlangga, melalui UU Cipta Kerja juga ditujukan menyiapkan perekonomian Indonesia agar mampu segera bangkit dan dalam jangka menengah panjang meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di tengah persaingan global. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini teah tayang di CNN Indonesia dengan judul ‘Pemerintah ‘Buka Pintu’ Usulan Susun PP Omnibus Law Ciptaker‘.

Komentar

Berita Terkait