Warga Jawa Tengah Bagian Selatan Diimbau Waspadai Puting Beliung

Cilacap, Mitrapost.com Analisis Cuaca BMKG Stasiun Metereologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan, mengimbau warga Jawa Tengah bagian selatan khususnya Kabupaten Cilaacap agar waspada terjadinya puting beliung.

“Kalau untuk saat ini, kondisi atmosfer yang aktif, yaitu suhu permukaan laut yang masih hangat secara umum maka mengakibatkan penguapan untuk wilayah Indonesia terutama di wilayah Jawa itu cukup banyak, sehingga terbentuknya awan yang menyebabkan hujan cukup besar,” jelasnya, Rabu (11/11/2020).

Faktor lainnya, Rendi menyebutkan, ada daerah pertemuan angin atau daerah konvergensi di atas wilayah Jawa sehingga proses pembentukan awan di daerah tersebut juga cukup tinggi.

Daerah pertemuan angin, lanjutnya, merupakan pumpunan massa udara yang mengakibatkan pertumbuhan awan-awan hujan.

Baca Juga :   64 PJU di Kota Pekalongan Akan Dipadamkan Malam Hari

“Sementara untuk fenomena global seperti MJO (Madden Julian Oscillation) maupun gelombang Rossby saat ini tidak aktif untuk wilayah Indonesia, sedangkan La Nina masih bertahan hingga awal tahun 2021 nanti,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati