oleh

Panwaslu Rembang Melantik 1.365 Pengawas Tempat Pemungutan Suara

Rembang, Mitrapost.com – Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Rembang melantik 1.365 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang Tahun 2020 beberapa waktu lalu.

“PTPS merupakan ujung tombak pengawasan di tingkat TPS. Sehingga memiliki peranan sangat penting dalam pengawasan pemungutan dan penghitungan suara,” kata Anggota Bawaslu Rembang,  Amin Fauzi di sela-sela acara pelantikan PTPS di Kecamatan Kaliori, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Video : Bawaslu Tertibkan 2.175 Alat Peraga Paslon yang Melanggar Aturan

Karena menjadi ujung tombak pengawasan, lanjut Amin, para PTPS itu dituntut supaya bekerja secara profesional dalam menjalankan tugas, wewenang, dan fungsinya.

Menurut Amin, modal utama yang harus dimiliki oleh PTPS adalah kapasitas. Kapasitas itu dibangun dengan pengkayaan kemampuan diri serta penguasaan regulasi yang berkaitan dengan pemungutan dan penghitungan suara.

Baca juga: Bawaslu Minim Kewenangan Menindak Maraknya Politik Uang

Tak hanya itu, PTPS juga diminta menjaga independensi dan netralitas. Mereka tidak boleh berpihak atau bertindak menguntungkan salah satu pasangan calon. Modal yang tidak kalah penting adalah keberanian memberikan saran perbaikan apabila mengatahui adanya kesalahan, kecurangan, ataupun pelanggaran di TPS.

Setelah pelantikan, para PTPS juga diberikan pembekalan agar dalam menjalankan tugas dan wewenang sesuai dengan regulasi yang ada.

Baca juga: Bawaslu Bakal Kaji Kasus Dugaan Keterlibatan Kampanye ASN Selama 2 Hari

Ia menambahkan, pengawas TPS yang sudah mengucapkan sumpah dan janji, diharapkan selalu jujur, adil dan cermat dalam menjalankan setiap tugasnya.

Pun demikian juga memastikan proses penghitungan suara berjalan dengan cermat dan akurat. Berita acara dan sertifikat hasil yang diterima oleh PTPS harus sama dengan yang di terima oleh saksi dan KPPS.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait