oleh

Sambut Malam Minggu, 4 Bioskop di Semarang Mulai Buka Lagi

Semarang, Mitrapost.com Pemerintah Kabupaten Semarang sudah mulai melonggarkan kebijakan di sektor hiburan. Hal tersebut terlihat dari mulai dibukanya bioskop yang sempat tutup sejak pandemi virus corona berlangsung.

Per hari ini, Sabtu (21/11/2020) ada empat bioskop di Kota Semarang yang mengantongi izin operasional. Yaitu XXI Paragon City Mall, XXI Transmart Setiabudi, XXI DP Mall, Citra 21.

Pemberia izin itu dengan catatan sebelumnya telah dilakukan simulasi, dimana Pemerintah Kota Semarang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk persiapan pembukaan bioskop.

Meski telah diperbolehkan buka kembali, namun jumlah pertunjukkan (show) ada pengurangan. Seperti di XXI DP Mall sementara hanya akan menampilkan 4 show saja dari 5 show regular.

Tavip Supriyanto, Pjs Walikota Semarang menegaskan gedung bioskop yang sudah mengantongi izin operasional harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan ada pembatasan kursi hingga 50% di dalam gedung bioskop, dengan susunan kursi berjarak dua kursi kosong.

Baca juga: Semarang Bakal Buka Bioskop di Masa Pandemi

Selain itu untuk menghindari kerumunan, proses pembelian tiket dilakukan secara online.

“Hari ini kita sudah mulai membuka bioskop ada beberapa bioskop yang hari ini mulai buka dan ini sudah kita lakukan simulasi dengan pak Kadinkes terkait dengan protokol kesehatan di gedung bioskop yang kita buka, ini semua sudah melalui kajian dan simulasi sehingga insya allah aman untuk masyarakat,” jelas Tavip, Sabtu (21/11/2020).

Social distancing pihaknya juga menekankan perhatian saat antrean masuk ke dalam studio bioskop. Sebelum masuk gedung pun penonton akan di cek suhu dan harus mencuci tangan atau menggunakan hand sanitiser terlebih dahulu.

Selain itu, untuk toilet di dalam gedung bioskop juga telah disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan, dengan memberlakukan jarak.

Baca juga: Bioskop Masih Lumpuh, PAD Pajak Hiburan Terjerembab

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam menambahkan, nantinya bioskop yang telah di buka ini akan tetap dievaluasi dan diawasi.

Jika terjadi adanya klaster baru, maka akan dilaporkan ke Satuan Gugus Tugas Covid untuk dilakukan evaluasi bahkan penutupan kembali.

“Jadi kita tetap monitor apa melanggar atau tidak, protokol kesehatan pada saat antrian saat masuk itu terjadi penyalahgunaan atau tidak, nanti suatu ketika pasti kita akan lakukan sidak di lapangan,” pungkas Hakam. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di Rmol Jateng dengan judul ‘Hari Ini Empat Bioskop Di Semarang Mulai Buka‘.

Komentar

Berita Terkait