oleh

Tantangan Guru Hadapi Pembelajaran di Masa Pandemi

Rembang, Mitrapost.com – Tantangan dunia Pendidikan di masa pandemi covid-19 jadi fenomena yang menarik. Kini guru dituntut untuk beradaptasi dan kreatif, agar semangat belajar siswa tetap terjaga di masa pandemi seperti ini.

“Ada sisi positif dan sisi negatif tentunya. Positifnya guru jadi lebih kreatif, melek IT, karena mereka dituntut untuk mampu mengelola kelas dalam bidang virtual, banyak mereka juga yang akhirnya banyak belajar, mengikuti pelatihan-pelatihan,” ujar Eko Adi Saputro guru SMP 3 Kragan pada acara HUT PGRI di gedung PGRI Rembang, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Video : Pjs Bupati Rembang Berharap Guru Honorer Mendapat Jaminan BPJS

Bak dua mata pisau, kondisi pandemi ini juga menjadi kendala tersendiri bagi beberapa guru. Pasalnya, pendidik dipaksa untuk melek teknologi dalam melakukan pembelajaran secara virtual. Tak ayal, mereka yang masih gagap teknologi pun harus beradaptasi dengan penggunaan media pembelajaran agar proses belajar tetap berjalan.

“Negatifnya, ikatan guru dan siswa jadi berkurang. Dan beberapa terkendala sinyal. Ya meskipun dari pemerintah sudah ada subsidi pulsa, tapi tetap sinyal sering tidak mendukung” imbuh Eko.

Berbeda dari masa-masa sebelumnya, di tahun ini, kondisi pandemi seakan menambah tantangan baru bagi pendidik. Model pembelajaran berbasis virtual, mengharuskan guru bisa tetap menyampaikan materi secara bermakna. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait