oleh

Nyamar Pegawai Bea dan Cukai, Dua Pria Ini Gelapkan Kamera Mirrorles

Yogyakarta, Mitrapost.com Mengaku pegawai bea dan cukai, dua pria berinisial EIH dan AM menggelapkan kamera dari sebuah tempat penyewaan kamera di Kota Yogyakarta. Tak tanggung-tanggung pelaku membawa sedan mewah dengan plat merah untuk meyakinkan korban.

Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo, Kota Yogyakarta Iptu Nuri Ariyanto menjelaskan aksi keduanya berawal dengan mencari tempat penyewaan kamera secara online melalui market place di Facebook.

Pelaku kemudian berkomunikasi dengan para korban dan janjian bertemu di tempat persewaan.

“Kedua pelaku ini menyewa kamera mirorless di tempat penyewaan yang ada di Jalan Supomo, Kota Yogyakarta,” jelas Iptu Nuri di Mapolresta Yogyakarta, Selasa (8/12/2020) kemarin.

Baca juga: Kronologi Penggelapan Sepeda Motor di Blora, Pelaku Berhasil Diringkus Polisi

Untuk meyakinkan korbannya, pelaku mengaku sebagai pegawai bea dan cukai. Pelaku juga menyerahkan KTP dengan status sebagai ASN yang belakangan diketahui palsu. Kedua pelaku juga menggunakan sedan mewah plat merah jenis Toyota Altis.

“Sedan itu milik istri salah satu pelaku, dan dipasangi plat merah palsu,” ungkapnya.

Kamera ini selanjutnya digadaikan seharga Rp1,8 juta. Uang itu sudah habis dipakai kedua pelaku untuk membayar kos dan memenuhi kehidupan sehari-hari.

Nuri mengatakan, aksi penipuan ini tidak hanya sekali ini dilakukan oleh kedua pelaku. Mereka juga pernah melakukan aksi serupa di Sleman, Jakarta dan Bekasi.

Kamera yang disewa dijual atau digadaikan dengan harga bervariasi antara Rp1 juta sampai dengan Rp20 juta. Kedua pelaku akan dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan. Ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di Sindonews dengan judul ‘Mengaku Pegawai Bea dan Cukai, 2 Pria di Yogyakarta Gelapkan Kamera Mirorless

Komentar

Berita Terkait