oleh

Tolak Stigma Disabilitas, PPDI Pati Bagi 60 Bungkus Beras untuk Masyarakat

Pati, Mitrapost.com Kaum disabilitas sering kali dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Mereka terkadang juga dianggap hanya membebani orang lain.

Stigma ini mencoba ditolak Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati dengan menggelar aksi sosial pembagian sembako di depan Koramil Pati, Jumat (18/12/2020).

“Selama ini masih ada stigma bahwa penyandang disabilitas hanya bisa minta-minta bantuan. Dengan acara begini kami tunjukkan bahwa kami mampu berbagi walaupun sedikit. Jangan diukur nilainya, yang penting keikhlasan teman-teman,” ungkap Ketua PPDI Pati, Suratno, saat diwawancara Mitrapost.com.

Dalam aksi bertajuk ‘PPDI Pati Berbagi’ tersebut, mereka membagikan 60 bungkus beras kemasan 5 kilogram kepada masyarakat di sekitar Koramil Pati.

Baca juga:Hasilkan Beragam Produk Disabilitas Pati Harap Ada Pelatihan Pemasaran dari Pemerintah

Suratno mengatakan bahwa aksi sosial ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Penyandang Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh pada 3 Desember lalu.

“Berhubung ini masih masa pandemi, teman-teman sepakat, daripada kami bikin pesta atau acara yang mendatangkan orang banyak, lebih baik kami beri sembako pada masyarakat,” kata dia.

Suratno berharap, bantuan ini sedikit-banyak bisa membantu meringankan beban masyarakat di masa pandemi.

Ia juga mengajak masyarakat yang dikaruniai rezeki lebih untuk ikut serta membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

“Non-disabilitas pun ada yang membutuhkan uluran tangan. Kami mengajak masyarakat Pati yang punya rezeki lebih untuk meringankan beban masyarakat pada masa pandemi ini,” ucap dia.

Baca juga: Penyandang Disabilitas Pati Garap 3.500 Face Shield untuk Jawa Tengah

Suratno juga memohon maaf apabila dalam kegiatan sosial yang mereka lakukan hari ini, ada masyarakat yang tidak kebagian sembako. Sebab, jumlahnya memang terbatas.

“Kemampuan kami baru segitu. Mohon doa agar tahun depan lebih banyak dari sekarang,” katanya.

Kegiatan ini diapresiasi masyarakat. Saparin, salah satu warga yang mendapatkan bantuan sembako merasa bersyukur dan terenyuh dengan perbuatan yang dilakukan PPDI Kabupaten Pati.

“Syukur Alhamdulillah semoga ini bisa meringankan beban kami. Apalagi di masa pandemi ini penghasilan saya menurun,” katanya. (*)

Baca juga: Cacat Kaki Tak Halangi Rubiatun Bermanfaat Bagi Masyarakat

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait