oleh

Bekas Pukesmas Sluke Beralih Jadi Tempat Isolasi Mandiri Terpusat

Rembang, Mitrapost.com – Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengunjungi bekas Pukesmas Sluke, Rabu (30/12/2020) sore ini. Kini tempat tersebut bakal beralih fungsi menjadi tempat isolasi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala di Kecamatan Sluke.

Bekas pukesmas yang awalnya kumuh kini menjadi gedung Rumah Isolasi Mandiri Terpusat Pemkab Rembang yang bersih.  Tempat itu sendiri rencananya mulai bisa digunakan pada minggu pertama bulan Januari 2021 besok.

Baca juga: Malam Tahun Baru 2021, PKL di Alun-alun Rembang Dilarang Berjualan

Rencana isolasi terpusat sebelumnya telah di jelaskan oleh Kepala Dinas Kesahatan, Ali Syofi’i. Pada saat itu, Ali menyebutkan Rembang akan memiliki tempat isolasi mandiri terpusat. Hal ini diharapkan dapat mempermudah penanganan pasien Covid-19 yang terus bertambah di Rembang.

Dalam kunjungannya, Hafidz menilai kondisi rumah isolasi tersebut sudah layak digunakan untuk pasien. Secara kapasitas, ada 30 tempat tidur bagi pasien laki- laki dan perempuan yang dibuat secara terpisah. “Kita sudah menyiapkan data dukungnya, jadi ada penjaganya, termasuk makan minumnya,” ujarnya.

Baca juga: Hasil Produksi Padi Varietas Hipa 21 Jadi Harapan Ekspor Rembang

Adanya tempat tersebut diharapkan menjadi solusi pasien Covid-19 tanpa gejala yang harus menjalani isolasi mandiri, namun kondisi rumahnya tidak memungkinkan. Misalnya terlalu sempit dan mungkin dihuni banyak keluarga.

Di sisi lain, Apriyanto Dwi salah satu penyintas Covid-19 sangat mendukung adanya rumah isolasi terpusat yang dibuat Pemkab Rembang dalam hal ini Dinas Kesehatan. Ia menjelaskan, jika melakukan isolasi mandiri di rumah kemungkinan keluarga juga akan ikut terpapar.

“Sangat mendukung sekali soalnya sarana prasarana sudah tercukupi daripada nanti isolasi di lain tempat. Isolasi di rumah juga khawatir nanti berefek dengan keluarga kita, takut tertular dan opini masyarakat juga. Ada suplai makan minum juga sangat membantu tidak merepotkan orang lain, ” tandasnya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Komentar

Berita Terkait