oleh

Kementerian ATR Siapkan Pendaftaran Sertifikat Secara Elektronik

Mitrapost.com Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) saat ini tengah menggodok langkah pelaksanaan pendaftaran sertifikat elektronik.

Pemberlakuan sertifikat elektronik ini telah diterbitkan dalam Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sertipikat Elektronik.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati menjelaskan, dengan peraturan tersebut pendaftaran tanah dapat dilakukan secara elektronik. Kebijakan tersebut mencakup perdaftaran tanah pertama kali maupun pemeliharaan data.

Baca juga: Biaya PTSL di Pati Rp400 Ribu, Bila Lebih Bisa Dibui

Berpatok pada payung hukum tersebut, Kementerian ATR/BPN saat ini sedang menyiapkan langkah-langkah pelaksanaan pendaftaran tanah secara elektronik.

“Pelaksanaan pendaftaran tanah secara elektronik diberlakukan secara bertahap dan akan diatur oleh Menteri,” tambah Yulia.

Realisasinya nanti, pendaftaran secara elektronik berupa informasi, dan atau dokumen elektronik. Data itu merupakan data pemegang hak, data fisik, dan data yuridis bidang tanah yang valid dan terjaga autentikasinya.

Baca juga: Berikan Kemudahan, Aturan Sertifikat Elekronik Telah Diterbitkan

Sedangkan produk dari pelayanan elektronik ini seluruhnya akan disimpan di Pangkalan Data Sistem Elektronik.

Lalu penyelenggaraan sistem elektronik untuk pelaksanaan pendaftaran tanah ini nantinya akan meliputi pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data.

Hasil penyelenggaraan sistem elektronik itu berupa sertifikat tanah dalam bentuk dokumen elektronik. (*)

Baca juga: Urus Sertifikat Tanah, Warga Batang Malah Rugi Rp422 Juta

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait