oleh

Dewan Pati Apresiasi Rencana Pemerintah Lantik 1 Juta Guru Jadi ASN

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah mengapresiasi langkah pemerintah akan melantik 1 juta guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) melalui seleksi.

“Saya mengapresiasi  pengangkatan 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” kata Anggota DPRD Kabupaten Pati dan politisi di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu kepada Mitrapost.com, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Dewan Pati Akui Pemberlakuan PPKM Tak Signifikan Atasi Covid-19

Kabar baik pengangkatan guru honorer ini pertama kali menyeruak jelang Hari Guru ke-25 bulan November 2020 lalu.

Perbedaan antara guru PNS dan PPPK adalah, jika PNS berstatus pegawai tetap dan memiliki Nomor Induk Kepegawaian (NIK) dari pemerintahan, sementara PPPK status kepegawaiannya diikat dengan perjanjian kerja  berupa kontrak minimal 1 tahun dan diperpanjang maksimal hingga 30 tahun.

Dalam seleksi guru PPPK Mei 2021 nanti, para guru honorer akan melakukan beberapa tahap seleksi mulai dari seleksi administrasi, seleksi kemampuan bidang, hingga wawancara.

Baca juga: Dewan Pati Berharap Ada Tambahan Lagi Pupuk Subsidi bagi Petani

Diketahui tahun ini dikonfirmasi pemerintah hanya akan mengangakat ASN Guru hanya dari jalur PPPK, Muntamah berharap kebijakan ini dapat berubah sehingga pemerintah membuka dua jalur rekrutmen guru baik lewar jalur CPNS maupun PPPK.

Dengan harapan tidak ada diskriminasi dari pemerintah terhadap tenaga pendidik terhadap aturan yang baru.

Baca juga: Pendaftaran Sertifikat Elektronik, Dewan: Perlu Adanya Sosialisasi

“Harapan kami sebagai komisi D pemerintah melakukan rekrutmen PNS juga, kuota guru yang belum tercukupi juga dilakukan dengan PPPK,” ujar Anggota Fraksi PKB DPRD Pati itu.

Dihimpun dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, pendaftaran seleksi PPPK Dibuka bulan Januari 2021. Kemudian Seleksi guru TK, SD, SMP, dan SLB akan berlangsung pada bulan Mei, sementara ijian seleksi guru SMK DAN SMK diggelar Juni 2021. (Adv/MA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Komentar

Berita Terkait