Forum Anak Nilai Kabupaten Pati Tak Ramah Anak

Pati, Mitrapost.com – Forum Anak menilai Kabupaten Pati tidak ramah terhadap hak-hak dan kembang tumbuh anak. Berbagai fasilitas umum di kabupaten yang berjuluk Bumi Mina Tani ini tidak mengakomodir kepentingan anak.

Ketua Forum Anak Kabupaten Pati Hasna Jian Khoirunnisa mengatakan, taman-taman tak mempunyai fasilitas yang diperuntukkan anak. Maka dari itu, Jian berharap adanya fasilitas pendukung agar kebutuhan anak terakomodir.

Baca juga: Dewan Pati Berharap Usulan OPD Masuk RKPD 2022

“Saya berharap ada sudut bacanya, ada fasilitas yang mendukung untuk bakat-bakat anak baik anak pada umumnya maupun anak-anak disabilitas,” kata Jian saat menghadiri Konsultasi Publik Rancangan RKPD Kabupaten Pati 2020 di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (28/1/2021).

Baca Juga :   Korban Laka Lantas, Seorang Kepala Sekolah di Pati Meninggal

Ia juga mengeluhkan adanya iklan rokok yang dinilai tidak mencerminkan sebagai kota ramah anak. Berbagai sudut di Kabupaten Pati terpampang berbagai poster maupun reklame tentang rokok.

“Karena dalam peraturan kota ramah anak hal tersebut (iklan rokok) tidak diperbolehkan. Seperti di Taman Yaik,” tutur Jian.

Baca juga: Video : Pembangunan Alun-alun Kalidoro, Siapkan Anggaran Rp9,7 Miliar

Selain itu, ia menyayangkan tidak banyaknya masyarakat yang mengetahui tentang Forum Anak. Padahal Forum Anak sangat dibutuhkan peranannya dalam memperjuangkan hak-hak anak.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Pati Subawi mengatakan bahwa pembangunan pojok baca perlu dipertimbangkan kelangsungannya.