oleh

Langkah Pindahkan Riwayat Obrolan WhatsAp ke Telegram

Mitrapost.com Aplikasi perpesanan Telegram kembali mendulang manfaat dari kebijakan privasi baru aplikasi saingannya, WhatsApp.

Telegram bergerak aktif memanfaatkan momentum ini dengan meluncurkan aplikasi untuk mentransfer chat history atau riwayat percakapan dari WhatsApp ke Telegram.

Mengutip Abdroidauthority via CNN Indonesia, fitur transfer milik Telegram itu termasuk pada pembaruan aplikasi versi 7.4.1 yang bisa digunakan baik pada iOS pun Android.

Tapi sebelum bisa menggunakan fitur transfer ini, pengguna mesti memakai versi paling update WhatsApp dan Telegram.

Baca juga: Luncurkan Fitur Voice Chat, Telegram Sediakan Ruangan Virtual dalam Grup

Nah, berikut ini langkah-langkah memindahkan riwayat percakapan WhatsApp ke Telegram:

Buka ruang obrolan dan export history

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih ruang obrolan yang akan dipindah. Geser ruang obrolan yang hendak dipindahkan ke samping dan tekan pilihan lainnya kemudian pilih ‘ekspor’.

WhatsApp akan bertanya apakah pengguna juga ingin memindahkan konten media atau tidak. Silakan dipilih sesuai keinginan.

Memindahkan chat ke Telegram

Jika pengguna sudah menentukan pilihan di atas selanjutnya akan muncul pilihan kepada aplikasi apa pengguna akan memindahkan riwayat chat itu, lalu pilih Telegram untuk memindahkannya.

Tampilan akan membawa kepada aplikasi Telegram, kemudian pengguna dipersilakan memilih ruang obrolan yang ditujukan.

Jika hendak memindahkan riwayat obrolan dengan nama ‘Teman’ di Whatsapp, maka disarankan memilih kontak dengan nama ‘Teman’ di Telegram sebelum riwayat obrolan diekspor.

Lebih lanjut akan muncul pilihan ‘batalkan’ atau ‘impor’, lalu tekan ‘impor’.

Setelah menekan ‘impor’, tunggu sejenak sampai ekspor chat history WhatsApp ke Telegram selesai, lalu tekan ‘selesai’ jika sudah.

Baca juga: Diprotes Pengguna, WhatsApp Tunda Pembaruan Hingga Mei

Riwayat berpindah ke Telegram

Setelah melakukan panduan ekspor chat di atas, maka kamu dan pengguna lain dapat melihat seluruh riwayat obrolan di ruang obrolan Telegram. Pesan yang dipindahkan dari aplikasi lain akan memiliki tanda ‘imported’.

Memindahkan riwayat obrolan ini tidak hanya dapat dilakukan ke Telegram saja. Dikutip dari The Verge, fitur ini juga dapat digunakan oleh pengguna aplikasi obrolan instan lain, salah satunya KakaoTalk. (fp)

Baca juga: Sederet Platform Internet Terancam Diblokir Rusia

 

 

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul ‘Cara Pindah History Chat WhatsApp ke Telegram di Android-iOS‘.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait