Sawah Terendam Banjir, Petani Pati Rugi Rp7 Miliar

Pati, Mitrapost.com Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menyebutkan lebih dari 250 hektare sawah di Kabupaten Pati terendam banjir pada awal bulan ini. Hal ini mengakibatkan para petani mengalami kerugian Rp7 miliar.

Kepala BPBD Martinus Budi Prasetya mengatakan sawah yang terendam banjir tersebut terletak di tiga desa. Yakni, di Desa Karangrowo, Kecamatan Jakenan dengan sekitar 150 hektare sawah. Lalu di Desa Tondomulyo, Kecamatan Jakenan dengan 86 hektare sawah dan di Desa Sidoarum, Kecamatan Jakenan dengan 45 hektare sawah.

“Karena luas sawah mencapai 250 ratus hektare, tentunya kerugian akan besar. Jika asusmsi satu hektare Rp30 juta maka tentu saja kerugian kisaran Rp7 miliar,” ujar Martinus saat ditemui di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (1/2/2021) kemarin.

Baca Juga :   BPBD Pati Minta Warga Siaga, Fenomena La Nina Bakal Picu Curah Hujan Tertinggi

Baca juga: Sawah Banjir 3 Minggu, Puluhan Petani di Tondomulyo Gagal Tanam Lagi

Martinus mengungkapkan tingginya kerugian ini lantaran sawah yang mengalami kebanjiran sudah siap panen. Banjir ini disebabkan oleh dua tanggul jebol di sungai sekitar desa tersebut. Tanggul itu, jauh dari pemukiman. Tapi meskipun begitu pihaknya melakukan upaya penanggulangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati