Dukung PPKM Mikro, Jateng Siapkan Dukungan Logistik Kesehatan

Semarang, Mitrapost.com Selain dukungan logistik kesehatan, pemerintah provinsi Jawa Tengah juga memberikan bantuan dengan pelatihan tenaga lacak (tracer) secara daring untuk mendukung pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kembali diterapkan di Jawa Tengah.

Seperti diketahui, berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri sebanyak 7 provinsi akan diberlakukan PPKM skala mikro. Kebijakan ini berlangsung selama dua minggu atau 9-22 Februari 2021 dengan menembus sasaran hingga tingkat desa.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo memaparkan, dukungan logistik kesehatan tidak hanya bersumber dari Pemprov Jateng. Pemerintah pusat, kabupaten atau kota hingga pemerintah desa juga bisa berperan dalam pemberlakuan PPKM Mikro.

“Banyak dukungan logistik dari pemerintah pusat provinsi, kabupaten atau kota. Pemerintah desa juga bisa menganggarkan delapan persen dari dana desa. Jadi dari sumber anggaran cukup banyak, bisa dipakailah karena pandemi ini prioritas. Hari ini mengajukan kebutuhan anggaran tersebut,” ujar Yulianto, seusai menghadiri rapat penanganan Covid-19, Senin (8/2/2021).