oleh

Ditutupi Buah Naga, Penyelundupan Rokok Ilegal Distop

Semarang, Mitrapost.com Kantor wilayah Bea Cukai Jateng dan DIY berhasil menggagalkan penyelundupan rokok ilegal senilai Rp734,4 juta yang diangkut di sebuah truk Mitsubishi Colt Diesel FE 74S di Jalan Tol Semarang-Batang KM 389.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Jateng dan DIY, Moch Arif Setijo Nugroho, mengatakan pengungkapan ini diketahui usai timnya memperoleh informasi intelijen terkait pergerakan truk dengan ciri tertentu dari Jawa Timur, yang diduga membawa rokok ilegal ke Sumatra dan melewati Semarang

“Lalu kami langsung melakukan patroli di sepanjang Jalan Tol Salatiga-Semarang dan Jalan Tol Semarang-Batang pada Senin 8 Januari 2021, pukul 04.00 WIB,” ujarnya, Selasa (9/2/2021).

Dia menjelaskan, rokok polos yang tidak dilekati pita cukai itu ditutupi dengan muatan buah naga dan salak.

Baca juga: Petugas Amankan 13 Slop Rokok Ilegal di Kecamatan Kragan

Total rokok polos yang diangkut adalah 720 ribu batang rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) berbagai merek.

Arif menyebut, kedua pelaku yakni EP dan SL sengaja merekayasa pengangkutannya untuk mengelabui putugas.

“Pelaku juga mencoba memanfaatkan situasi di Semarang yang tengah banjir dan menerapkan gerakan ‘Jateng di rumah saja’ pada weekend kemarin, berharap petugas lengah dalam melakukan pengawasan,” tuturnya.

“Potensi kerugian negara yang berhasil dimankan diperkirakan mencapai Rp482,63 Juta, yang terdiri dari nilai cukai sebesar Rp378 juta, pajak rokok sebesar Rp37,8 juta dan PPN hasil tembakau sebesar Rp66.83 juta,” sebutnya.

Baca juga: Kenaikan Cukai Rokok Berlaku Hari Ini, Berikut Rinciannya

Saat ini barang hasil penindakan beserta sopir dan kernet diamankan ke Kantor Bea Cukai menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Mereka bakal dijerat dengan Pasal 54 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai.

“Mereka dipidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 dan atau pidana denda paling sedikit kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar,” tandasnya. (*)

Baca juga: Bahaya Asap Rokok Terhadap Mata, Selain Gatal Bisa Berakibat Kebutaan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa

 

Berita Terkait