DPRD Dorong Pemerintah Optimalkan Anggaran untuk Perbaiki Kualitas Garam

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso mendorong pemerintah agar mongoptimalkan anggaran dalam meningkatkan kualitas garam lokal. Menurut Narso pemerintah perlu mengoptimalkan anggaran daerah untuk memperbanyak pengadaan Washing Plant serta mengefektifkan penggunaannya di wilayah Kabupaten Pati.

“Pemkab harus betul-betul mengoptimalkan anggaran daerah untuk meningkatkan kualitas garam di Kabupaten Pati,” ungkapnya saat dihubungi Mitrapost.com, Kamis (11/2/2021).

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, pengadaan Washing Plant perlu diperbanyak untuk menangani permasalahan garam dari hulu hingga hilir.

Baca juga: Dewan Pati Optimis Vaksinasi Covid-19 Bisa Rampung Sesuai Jadwal

Pasalnya, penanganan garam hulu – hilir masih parsial. Hal ini perlu segera disiasati dengan segera mengupayakan peningkatan infrastruktur dan sasaran produksi untuk mendukung peningkatan fungsi ekonomi.

Baca Juga :   Masyarakat Enggan Patuhi Protokol Kesehatan, Dewan Dukung Pemkab Kenakan Denda

Perlu diketahui, Washing Plant akan meningkatkan kadar natrium klorida (NaCl) pada garam menjadi minimal 94%. Kapasitas produksi 20 ton/hari, sehingga mampu meningkatkan produksi garam berkualitas. Mengingat, kualitas garam yang dihasilkan oleh petambak tradisonal di bawah standar garam bahan baku industri (kadar NaCl < 94,7%). Disamping itu, kualitas garam tidak homogen (K1, K2, K3, dll) baik secara organoleptik maupun secara kimia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati