oleh

Polda Jateng Ungkap Kronologi Pembunuhan Dalang di Rembang

Rembang, Mitrapost.com Kepolisian Rembang dan Polda Jateng menyampaikan kronologi kasus pembunuhan terhadap empat anggota keluarga di padepokan seni Ongko Joyo, Desa Turus Gede yang terjadi pada 4 Februari lalu.

Identitas korban adalah Anom Subekti pemilik padepokan seni Seni Ongko Joyo, istrinya Tri Purwati (53), anaknya Alfitri (12) serta cucu Galuh Lintang Laras (10).

Sedangkan pelaku, Sumani, juga diketahui sebagai teman korban. Pembunuhan masih diduga karena permasalahan bisnis gamelan.

Sumani diduga telah mengambil uang tunai sebesar Rp13 juta milik korban yang merupakan hasil jual beli gamelan Anom bersama rekannya.

Baca juga: Pelaku Pembunuhan 4 Anggota Keluarga di Rembang Ditangkap

Kronologi

Peristiwa berdarah ini berawal pada tanggal 3 Februari 2021 pukul 15.00, Sumani bertamu ke rumah Anom.  Ia juga sempat kembali ke rumahnya. Berdasarkan pengamatan CCTV, Sumani kembali lagi ke rumah Anom pada pukul 20.40 WIB.

Pada Kamis, 4 Februari 2021 dini hari pukul 00.03 Sumani diduga telah melangsungkan aksinya untuk membunuh Anom dan 3 anggota keluarganya dengan benda tumpul serta benda tajam yang dibawanya.

Lalu pada Kamis (4/2/2021) pukul 06.00, Sunti yang merupakan asisten rumah tangga yang biasa dimintai korban untuk memasak menuju ke rumah korban.

Sesampainya di rumah korban, pintu gerbang dan pintu rumah utama dalam keadaan tidak terkunci dan terbuka. Sunti mengucapkan salam namun tidak ada jawaban.

Baca juga: Ada Dua Kemungkinan Motif Pembunuhan Keluarga Dalang

Sunti, yang juga saksi, langsung masuk ke dalam rumah. Sunti melihat 3 korban di kamar yaitu Anom, anak, dan cucunya dalam keadaan meninggal serta kepala berlumuran darah. Sedangkan Tri Purwati, istri korban, ditemukan di kamar sebelah juga dalam keadaan meninggal.

Sunti kemudian meminta bantuan kepada Rukan yang sedang mencari rumput yang kemudian menuju ke rumah Danang, anak korban yang tidak jauh dari rumah korban. Setelah melihat TKP, saksi dan Danang melaporkan ke Polres Rembang.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan hingga menemukan informasi bahwa Sumani adalah pelaku pembunuhan. Hal itu berdasarkan rekaman CCTV serta jejak sidik jari pada gelas kopi di TKP korban.

“Perkiraannya pembunuhan itu terjadi pada pukul 21.00 sampai pukul 24.00 WIB,” ungkap Kapolda Jateng Ahmad Luthfi dalam rilis kasus di Mapolres Rembang, Kamis (11/2/2021). (*)

Baca juga: Pelaku Bunuh Keluarga Dalang di Rembang Pakai Arit

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa

Berita Terkait