Niat dan Ketentuan Waktu Puasa Rajab

Mitrapost.com Memasuki bulan Rajab pada kalender Hijriah 1442 atau bertepatan pada 13 Februari 2021, umat Islam dianjurkan untuk melakukan puasa Rajab.

Meskipun hukum puasa Rajab adalah sunah namun banyak umat Islam yang tetap semangat menjalankan ibadah. Sebab Rasulullah menganjurkan untuk memperbanyak puasa di bulan mulia, salah satunya bulan Rajab.

Hal ini seperti disebutkan oleh Syekh Nawawi Banten dalam kitab Nihayatuz Zain.

“Kesepuluh puasa pada bulan-bulan terhormat, yaitu empat bulan: Muharram, Rajab, Dzulqa‘dah, dan Dzulhijjah. Bulan paling utama adalah Ramadhan, kemudian Muharram, lalu Rajab, selanjutnya Dzulhijjah, kemudian Dzulqa‘dah, lalu Sya‘ban. Ucapan mereka dilihat secara zahir mengatakan bahwa pada bulan selain yang disebutkan kesunahannya sama.”

Baca Juga :   3 Amalan dan Keutamaan Sepertiga Akhir Bulan Ramadan

Pelaksanaan puasa Rajab sama dengan puasa sunah dan puasa bulan Ramadan yakni sejak waktu imsak hingga matahari terbenam atau waktu maghrib.

Baca juga: Doa Minta Panjang Umur di Bulan Rajab

Niat puasa Rajab

Adapun niat untuk puasa Rajab adalah sebagai berikut

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى

Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta’aala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati