oleh

Vaksinasi Tahap Dua Akan Dimulai Pekan Ketiga Februari

Mitrapost.com Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua akan berlangsung pada minggu ketiga bulan Februari 2021.

Sasaran vaksinasi tahap kedua ini sebanyak 38.513.446 orang. Dari angka tersebut, 21 juta slot diantaranya untuk warga yang tergolonng dalam kelompok usia lanjut.

“Vaksinasi tahap kedua akan dimulai pada pedagang pasar di Pasar Tanah Abang, Rabu atau 17 Februari,” katanya dalam acara diskusi yang disiarkan daring di Jakarta, Senin (15/2/2021).

Vaksinasi pedagang pasar, jelas Maxi, akan berlangsung enam hari dengan sasaran sekitar 55 ribu orang.

Baca juga: Kemenkes Sebut Komorbid hingga Penyintas Covid-19 Bisa Divaksinasi

Seperti diketahui, penerima vaksin tahap kedua mencakup petugas pelayanan publik dan warga lanjut usia (lansia) atau kelompok masyarakat dengan tingkat interaksi serta mobilitas tinggi sehingga rentan tertular Covid-19.

“Ketika mereka terlindungi dari Covid-19 maka kita dapat menurunkan laju penularan virus dan mengurangi beban kerja rumah sakit,” kata dia.

Ia mengatakan bahwa semula vaksinasi tahap kedua akan diprioritaskan bagi petugas pelayanan publik.

Pemerintah, menurut dia, kemudian memasukkan warga lansia sebagai sasaran vaksinasi karena menilai mereka rentan terserang Covid-19 dan jika sudah terserang penyakit itu risiko kematiannya tinggi.

Baca juga: Siap-siap Vaksinasi Tahap II, EUA Vaksin Lansia Teruji Aman

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua meliputi warga lansia serta orang-orang yang bertugas di bidang pelayanan publik termasuk aparat TNI dan Polri, guru, aparatur sipil negara, petugas sarana transportasi umum, tukang ojek, dan pedagang.

Maxi mengatakan, vaksinasi Covid-19 pada petugas di bidang pelayanan publik dan warga lanjut usia diharapkan selesai pada Mei 2021.

“Pada Mei 2021 kita juga akan mulai vaksinasi kepada masyarakat lainnya,” katanya. (fp)

Baca juga: Siaga Covid-19 Desa Kumendung Rembang Dinyatakan Zona Hijau

 

Artikel ini telah tayang di Antara Jateng dengan judul ‘Vaksinasi diberikan ke petugas publik dan lansia pekan ketiga Februari 2021‘.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait