oleh

Cegah Covid-19, Kampanye Pilkades Utamakan Secara Daring

Pati, Mitrapost.com – Mencegah timbulnya klaster Coronavirus Disease (Covid-19), kampanye pemilihan kepala desa (Pilkades) 2021 ini diharapkan digelar secara daring.

Para calon kepala desa dilarang menggelar acara seperti tahun sebelumnya, di mana diperbolehkan mengelar kampanye dengan mengundang banyak massa seperti konser, pertunjukan kesenian tradisional maupun lainya.

Bupati Pati, Haryanto mengatakan Pilkades di situasi pandemi Covid-19 ini, ada peraturan khusus yang mengatur jalannya kampanye. Salah satunya, kampanye melalui media cetak, online maupun virtual.

Baca juga: Dewan Pati Pertanyakan Formasi PPPK untuk Non Guru

Haryanto juga menyebutkan, diperbolehkan menggelar acara asalkan menaati protokol kesehatan dan peserta yang hadir tidak melebihi 50 orang.

“Tentunya dengan adanya ketentuan itu. Untuk mencegah kerumunan. Selain itu, agar tidak terjadi klaster baru di pilkades serentak,” kata Haryanto dalam Sosialisasi Pelaksanaan Pilkades di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (16/2/2021) kemarin.

Haryanto menyebut akan berlangsung selama beberapa hari sebelum hari tenang menjelang pilkades mendatang. Diharapkan para calon kepala desa tetap mengikuti ketentuan itu. Agar pilkades serentak mendatang berjalan dengan aman.

Baca juga: Dewan Pati Minta Pemdes Dampingi Warga Cairkan Dana BST

“Masa tenang Pilkades tiga hari sebelum pemungutan suara,” imbuh Haryanto.

Selain pembatasan kegiatan kampanye, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati juga mengatur tentang tempat pemungutan suara (TPS) yang dibatasi 500 daftar pemilih tetap (DPT) setiap TPS-nya.

Hal ini dilakukan agar tidak adanya penularan virus corona saat penyelamatan Pilkades yang digelar pada 10 April 2021 ini.

TPS juga diharapkan didirikan di tengah tanah lapang agar bisa menghindari kerumunan. Selain itu, diharapkan panitia pemungutan suara membagi sif agar TPS tidak mengalami penumpukan para pemilih. (Adv/UH/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait