oleh

Dewan Pati Kawal Rencana Normalisasi Silugonggo

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati berkomitmen untuk mengawal kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dalam mengatasi banjir di Kabupaten Pati. Terutama di sekitar aliran Sungai Silugonggo.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati, Hardi menilai bahwa normalisasi Silugonggo secara total akan memberikan dampak yang positif bagi warga.

“Normalisasi Sungai Silugonggo harus segera dilakukan. Karena sungai ini dikelola oleh Balai Besar, maka Pemerintah Provinsi Jateng perlu mengambil langkah yang serius untuk penanganan ini,” ungkapnya saat dihubungi Mitrapost.com, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: PPKM Mikro, Dewan Minta Pemkab Berpihak pada Semua Pelaku Usaha

Pasalnya, setiap hujan tiba, sungai yang menjadi tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) ini selalu meluap, sehingga membuat warga desa di sekitarnya kebanjiran.

Akibat dari banjir tersebut, banyak rumah warga yang terkena dampak kebanjiran. Sehingga merugikan ekonomi warga.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati berkali-kali menyampaikan persoalan ini kepada Pemprov, tetapi belum ada respons. Sehingga, Dewan mendesak agar usulan kebijakan ini segera dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Baca juga: Dewan Pati Tampung Aspirasi Masyarakat

Sungai Silugonggo merupakan sungai yang melalui banyak kabupaten di Jawa Tengah, di antaranya Pati, Kudus, Demak, dan beberapa wilayah Grobogan. Sehingga sungai ini memberikan pengaruh penting bagi wilayah lain selain masyarakat Pati.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah pernah melakukan normalisasi sungai ini. Akan tetapi belum keseluruhan. Sehingga masih terdapat banyak kekurangan dalam upaya normalisasinya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Berita Terkait