oleh

Pemerintah Diimbau Fokus Pulihkan Ekonomi Akibat Banjir

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso mengapresiasi solidaritas warga Pati membantu masyarakat terdampak banjir yang masih berlangsung hingga hari ini.

Narso menyebut bahwa dari tahun ke tahun tingkat empati warga Pati untuk membantu korban bencana alam terus meningkat.

“Kalau kita lihat, selama banjir dari tahun ke tahun kesadaran masyarat untuk turun ke lapangan bergabung dalam aksi solidaritas semakin tinggi,” ungkap Anggota DPRD dari Komisi B itu, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Pati Ramah Anak Dipertanyakan, Dewan: Ada Program yang Sudah Berjalan dan Belum

Dari pantauan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, bantuan sosial dulu didominasi oleh instansi pemerintahan daerah, sekarang sudah meluas dengan bantuan dari perusahaan bahkan perorangan.

“Berarti sudah banyak juga bantuan itu ke masyarakat dari perorangan maupun CSR dan perusahaan,” ujar Ketua Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) DPRD Kabupaten Pati itu.

Dengan meningkatnya kesadaran tersebut, kata Narso momen ini harusnya digunakan oleh Pemerintah Kabupaten untuk memulihkan perekonomian para korban terdampak banjir.

Baca juga: Dewan Pati Dukung Usulan BKPP Rekrut 1.890 Guru PPPK

Artinya, Jika kebutuhan pokok sudah dipenuhi oleh para relawan, Pemkab diminta fokus untuk memberikan stimulus kepada para pelaku usaha. Misalnya dengan memberikan bantuan benih bagi petani dan pembudidaya ikan tambak.

“Justru Pemda Kabupaten Pati fokus di bantuan yang menjadi stimulus bangkitnya perekonomian,” kata Narso.

Data terakhir Mitrapost.com himpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menyebutkan, banjir yang melanda 6 kecamatan di Kabupaten Pati sejak Februari lalu setidaknya telah menenggelamkan 4.488 rumah, 2.272 hektar sawah, dan lahan -lahan strategis lainnya.(Adv/MA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait