Banjir Tenggelamkan 5.964 Hektare Sawah, Petani Pati Rugi Rp12 Miliar

Pati, Mitrapost.com – Banjir di Kabupaten Pati menenggelamkan beberapa desa di enam kecamatan. Selain menggenangi ribuan perumahan, sekitar 5.964 hektare lahan pertanian juga tergenang banjir yang sudah berjalan lebih dari dua pekan ini.

Plt Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Mukhtar mengungkapkan, dari lahan tersebut yang mengalami puso atau membusuk sekitar 2.269 hektare. Jika dihitung total potensi kerugian para petani padi di Kabupaten Pati ini sebesar Rp12.638.330.000.

Mukhtar mengaku belum mempunyai anggaran untuk memberikan kompensasi kepada para petani. Pasalnya sesuai rancangan anggaran Dispertan di tahun 2021 ini, tidak ada alokasi untuk memberikan kompensasi kepada petani yang mengalami kebanjiran.

Baca juga: Antisipasi Kerugian Petani, Dewan: Pemkab Perlu Rancang Kebijakan Strategis

Baca Juga :   Dandim Pati Tinjau Kesiapan TMMD di Desa Tamansari

Maka dari itu, ia berniat melaporkan kepada Bupati agar para petani yang mengalami kebanjiran dapat mendapatkan bantuan dari anggaran dana tak terduga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati