oleh

Cukai Rokok Naik, Pemkab Demak Sidak Kios Jual Rokok Ilegal

Demak, Mitrapost.com Potensi peredaran rokok ilegal masih dinilai tinggi, apalagi setelah ada kenaikan cukai rokok per awal tahun 2021 ini.

Seksi Penindakan Penyidikan Bea Cukai Semarang Wanpiliantoro mengatakan kenaikan cukai roko setiap tahun menjadi celah bagi pengusaha rokok ilegal untuk menjual rokoknya dengan harga rendah.

“Kenaikan tarif cukai akan dimanfaatkan celah harga itu (harga murah) oleh pengusaha rokok illegal,” kata Wanpiliantoro.

Kendati demikian pihaknya menjalin sinergitas gabungan dengan Satpol PP Demak untuk mengumpulkan informasi peredaran rokok ilegal.

“Pemkab Demak melalui Satpol PP melakukan kegiatan non yustisial pengumpulan informasi peredaran barang kena cukai ilegal dengan menyasar kios atau toko yang diduga menjual rokok illegal,” lanjutnya.

Baca juga: Ditutupi Buah Naga, Penyelundupan Rokok Ilegal Distop

Sementara itu Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Aryo Soebajoe mengungkapkan, pihaknya yang tergabung dalam Tim Yustisi Penegakan Produk Hukum Daerah Kabupaten Demak akan secara continue melaksanakan kegiatan non yustisial tersebut.

“Kegitan non yustisial ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Hal tersebut dimaksudkan agar lingkungan Kabupaten Demak tidak ada lagi peredaran rokok ilegal sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara dari sektor penerimaan cukai,” ujarnya saat sidak pada Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Kenaikan Cukai Rokok Berlaku Hari Ini, Berikut Rinciannya

Kios dan toko yang menjadi sasaran sidak sebelumnya telah dilakukan pengawasan. Meski demikian, tidak ada penyitaan dalam sidak tersebut. Rokok yang diduga ilegal akan dibeli untuk dijadikan sempel kemudian akan dikirimkan ke kantor Bea Cukai Semarang untuk dilakukan pengecekan.

“Kami membeli rokok tersebut untuk dijadikan sempel dan dikirimkan ke Kantor Bea Cukai Semarang untuk dilakukan pengecekan untuk mengetahui apakah rokok tersebut bermasalah,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Kenaikan Cukai Rokok Diharapkan Bisa Membatasi Angka Konsumsi

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait