Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Bau Mulut

Cara Mencegah Bau Mulut Tidak Sedap

Bau napas yang tak sedap dapat diantisipasi dan dicegah dengan cara-cara sederhana. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau mulut tidak sedap:

  • Membersihkan gigi secara rutin

Sikat gigi setidaknya 2 kali sehari selama 2 menit. Usahakan untuk menyikat seluruh gigi, lidah, langit-langit mulut, dan gusi dengan pasta gigi mengandung fluoride. Jangan lupa mengganti sikat gigi setiap 3 bulan.

Baca juga: BSI Rembang Ajak Warga Manfaatkan Bank Sampah

Setelah menyikat gigi, berkumurlah dengan moutwash yang mengandung antibakteri dan gunakan benang gigi (dental floss) untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tidak terjangkau sikat gigi.

  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Salah satu penyebab bau mulut tidak sedap adalah mulut kering. Kondisi ini bisa dihindari dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya dan mengunyah permen karet bebas gula.

Baca Juga :   Redakan Batuk dengan Konsumsi Rempah Kencur

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih bisa membuat mulut tetap lembap, sedangkan mengunyah permen karet bisa menstimulasi produksi air liur sehingga mulut tidak kering.

Baca juga: Tips Kacamata Tak Berembun saat Pakai Masker

  • Menghentikan kebiasaan merokok

Berhenti merokok juga dapat menjadi solusi menghilangkan bau napas tidak sedap. Namun, jika merasa kesulitan untuk berhenti merokok, kamu dapat meminta bantuan dokter untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

  • Mengunjungi dokter gigi secara teratur

Periksakan gigi secara teratur ke dokter gigi setidaknya 2 kali dalam setahun untuk mendeteksi dan mencegah penyakit gigi dan gusi yang dapat memicu bau napas.

Jika berbagai cara di atas tidak mampu mengatasi bau mulut tidak sedap yang kamu alami, jangan malu untuk menemui dokter gigi guna mencari tahu penyebab dan solusi bau mulut yang dialami.

Baca Juga :   Manfaat Rebung yang Patut Kamu Ketahui

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati