oleh

Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasul

Mitrapost.com – Orang sakit adalah cobaan dalam hidup ini, namun dengan mendoakan kesembuhan terhadap orang sakit, memberikan pahala kepada kita. Selain mampu dijadikan sebagai media pengiring iktiar dalam berobat secara medis, keberadaan doa juga memiliki keistimewaan tersendiri. Seperti halnya yang banyak pepatah katakan, bahwa pada setiap usaha haruslah disertai dengan doa.

Keberadaan doa untuk orang sakit sesuai sunnah sendiri merupakan bentuk permohonan yang ditujukan kepada Allah SWT agar si sakit bisa diberi nikmat kesembuhan. Sebab dengan berdoa meminta kesembuhan pada-Nya, niscaya Allah SWT pun akan mengabulkan permintaan tersebut.

Oleh karenanya, ketika kita sakit, ataupun ada seseorang yang kita kenal sedang sakit, ada baiknya jika kita memanjatkan doa agar lekas diberi kesembuhan atas izin dan ridho dari Allah SWT.

Baca juga: Doa Ketika Mimpi Buruk Saat Tidur

Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Rasulullah SAW telah memberikan banyak contoh teladan yang bisa umat muslim tiru pada saat menemui orang yang tengah sakit. Salah satu hal baik yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW tersebut ialah menjenguk serta mendoakan mereka. Adapun bacaan doa yang biasa Rasulullah panjatkan saat menjenguk para sahabatnya yang sakit ialah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Semoga dengan memanjatkan doa untuk orang yang sakit, kebaikan itu juga akan Kembali pada diri kita sendiri. Dan percayalah bahwan allah SWT, akan memberikan nikmat sehat bagi hamba-hambanya yang mau mendoakan saudaranya yang tengah sakit. Aamiin.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait