oleh

Testing Covid-19 Pati Tak Maksimal, Urutan 2 Terbawah se-Jateng

Pati, Mitrapost.com – Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jawa Tengah, presentase testing Coronavirus Disease (Covid-19) di Kabupaten Pati menempati urutan nomor dua terbawah dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Kabupaten yang berjuluk Bumi Mina Tani ini hanya mempunyai presentase sebesar 29 persen atau sama dengan presentase Kabupaten Brebes yang menempati urutan terbawah.

Presentase testing ini sangat jauh dengan daerah-daerah sekitar. Kabupaten Kudus sendiri mempunyai 57 persen testing, Blora dengan 71 persen, Rembang 47 persen dan Jepara mencapai presentase sebesar 76 persen.

Baca juga: Masa Kontrak Habis, Hotel Kencana Pati Tak Lagi Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Hal ini disayangkan oleh Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Joni Kurnianto. Politisi asal Partai Demokrat ini mendesak Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati untuk lebih menggencarkan testing Covid-19 dengan cara test swab atau PCR.

“Yang jadi pertanyaan tadi, kok Kabupaten Pati nomer 2 yang terbawah pengetesan untuk swab PCR, ini kepada kok tersedikit di Jawa Tengah,” tutur Joni saat ditemui Mitrapost.com di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (22/2/2021) kemarin.

“Menurut kami kurang. Perlu ditingkatkan lagi. Kenapa Kabupaten Pati nomor 2 dari bawah. Yang lain tinggi-tinggi semua,” lanjut Joni.

Baca juga: 1.214 Orang dari Luar Negeri Positif Covid-19 Saat Tiba di Indonesia

Menurutnya semakin banyaknya testing yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati, maka semakin banyak juga kasus positif Covid-19 yang terdeteksi.

Joni menyadari banyaknya testing akan membuat angka kasus Covid-19 di Kabupaten Pati meningkat secara data sistematis, namun hal itu perlu dilakukan agar penularan virus corona dapat dicegah.

Ia tidak mau kasus Covid-19 ketahuan setelah penderita sudah dalam kondisi parah dan menularkan kepada orang lain. “Jadi memang harus digiatkan swab dan PCR. Jadi ketahuan semua, yang positif ketahuan,” tandas Joni. (Adv/UH/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Komentar

Berita Terkait