Banyak Cabai Membusuk, Pedagang Terpaksa Naikkan Harga

Pati, Mitrapost.com Petugas Fungsional APHP Dispertan Pati, Rusmilah, mengatakan harga cabai merah keriting masih fluktuatif hingga bulan Maret ini.

Ia menjelaskan harga cabai merah keriting di tingkat pengecer berkisar dari Rp48.000-Rp 55.000 per kg. Sedangkan harga di tingkat petani berkisar dari Rp35.000-Rp 40.000 per kg.

Menurutnya salah satu faktor penyebab fluktuatifnya harga cabai merah keriting karena pembatasan jam operasional pasar hanya sampai jam 14.00. hal tersebut membuat cabai yang terjual pun sedikit.

Akibatnya cabai-cabai yang tidak terjual akan membusuk sehingga membuat pedagang cabai mengalami kerugian. Kondisi ini memaksa para pedagang menaikkan harga.

“Kebanyakan cabai kalau tidak terjual membusuk. Sehingga ada beberapa pedagang yang menyiasati untuk membatasi stok. Mereka memasok cabai yang sudah dipesan oleh pembeli terlabih dahulu,” ungkap Rusmilah.

Baca Juga :   Minat Petani Minim, Langkanya Kedelai Tak Banyak Pengaruh di Rembang

Baca juga: Fluktuasi Harga Cabai di Pati, Terkendala Distribusi 

Menurutnya, cabai merah keriting adalah varietas cabai yang dihasilkan dari budidaya petani Kabupaten Pati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati