Pemilih Luar Daerah Diimbau Swab Antigen, Dewan: Pemerintah Perlu Fasilitasi

Menurutnya, bagi siapapun warga setempat memiliki hak pilih saat Pilkades dilangsungkan. Ia mengatakan, perlunya keringanan biaya bagi pemilih luar kota yang akan melakukan tes Swab Antigen.

Baca juga: Panitia Pelaksana Pilkades di Pati Diimbau Siapkan Jalur Khusus

“Tes Swab Antigen sangat penting. Hal ini supaya pemilih dari luar kota tidak berpotensi menyebarkan virus yang berbahaya. Sementara kita tidak tahu bahwa dengan siapa saja orang tersebut melakukan interaksi di luar sana,” ujar Muntamah kepada Mitrapost.com, Selasa (2/3/2021).

Di masa pandemi Covid-19 mekanisme pelaksanaan Pilkades dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi klaster penyebaran Covid-19.

Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) diperlukan demi meminimalisir risiko penyebaran Covid-19. Sehingga semua panitia, calon kepala desa, dan saksi perlu mengenakan masker, sarung tangan, dan face shield.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pati, Supardi mengungkapkan untuk memenuhi hak pilih warga negara terkhusus bagi Orang Tanpa Gejala (OTG), ia mengimbau kepada panitia pelaksana pilkades di masing-masin Daerah Pemilih (Dapil) menyediakan jalur khusus, serta bentuk proteksi yang tepat. (*)