oleh

Ganjar Buka Keran Uji Coba Prokes Manggung Bagi Seniman

Semarang, Mitrapost.com Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan akan melakukan uji coba bagi seniman untuk manggung. Hal tersebut disampaikan Ganjar dalam diskusi bersama sejumlah seniman Jawa Tengah di kantornya, Selasa (16/3/2021) kemarin.

Sebelumnya sejumlah pegiat seni Jateng membuat video surat terbuka yang menyampaikan keresahan mereka karena tidak bisa manggung sejak pandemi Covid-19 merebak.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

“Kemarin teman-teman seniman ini buat video judulnya surat terbuka, intinya ingin curhat kenapa mereka tidak bisa manggung. Tentu ini terkait ekonomi,” kata Ganjar.

Diskusi itu diantaranya dihadiri oleh penyanyi dangdut asal Kota Semarang, Resa Lawangsewu, penyanyi muda asal Magelang, Woro Widowati, Ketua Persatuan Artis Musik Melayu-Dangdut Indonesia (PAMMI) Kota Semarang, Hendra Saputra serta beberapa seniman lain.

Baca Juga :   Pulihkan Ekonomi, Terdapat Penyesuaian Kebijakan Pasar Tradisional

Baca juga: Pandemi Pukul Telak Perekonomian, Seniman Rembang Jual Perabot Rumah

Kepada seniman yang datang, Ganjar meminta ada kesepakatan bersama antara seniman, terkait pelaksanaan event hiburan di tengah pandemi sekaligus dilakukan uji coba.

“Yuk kita uji coba dulu, seniman tampil di acara pernikahan tapi prokesnya diatur ketat.  Jaraknya diatur, flow tamu diatur, dan tidak boleh mengajak bernyanyi atau berjoget bersama,” terang Ganjar.

Dari sejumlah PR yang diberikan, Ganjar meminta para seniman tersebut berdiskusi untuk menentukan prokes seperti apa yang nantinya akan dijalankan.

“Maka saya kasih kesempatan kepada seniman, coba didiskusikan terlebih dahulu dan hasilnya diberikan ke kita. Sambil menunggu itu, saya berpesan agar jangan berputus asa dan terus berkreasi,” ujarnya.

Baca Juga :   Kasus Covid di Jateng Melonjak, Ruang Perawatan Diaktifkan Lagi

Baca juga: Rumah Bambu Pak Yayak Jadi Wadah Lestarikan Budaya Jawa di Temanggung

Jika bisa dilakukan, maka potensi para seniman kembali menggelar konser akan sangat tinggi. Apalagi, hal itu didukung dengan warna zonasi Covid-19 di Jawa Tengah yang terus membaik.

“Sama seperti sekolah tatap muka, saat ini saja kita siapkan, lengkap dengan prokesnya. Nah teman-teman seniman ini juga harus disiapkan. Seumpama daerahnya hijau (zonasi COVID-19), ada acara pernikahan, silahkan tampil menghibur, tapi harus prokesnya benar-benar dijaga,” tegas Ganjar.

Menanggapi sejumlah PR yang diajukan gubernur, Ketua PAMMI Hendra mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar diskusi dengan sejumlah seniman lintas genre di Jawa Tengah guna mencapai kesepakatan bersama terkait penyelenggaraan event hiburan di tengah pandemi. Bila telah didapat kata sepakat dan itu telah disetujui, mereka akan melakukan uji coba.

Baca Juga :   Ganjar Usul Tak Ada Libur Panjang Perayaan Imlek

“Kami akan melakukan uji coba di daerah kami masing-masing untuk melihat perkembangannya. Kalau itu berjalan, maka bisa dilakukan lebih besar lagi. Intinya dari audiensi ini, pak gubernur mengatakan seniman bisa kembali manggung, asal benar-benar bertanggung jawab terkait protokol kesehatan,” ucap Hendra. (*)

Baca juga: Tuntut Nasib Pekerja Seni, Sejumlah Seniman Gelar Audiensi Bareng Bupati

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Berita Terkait