oleh

Vaksinasi Covid-19 Tak Perlu Tunggu Habis Lebaran

Pati, Mitrapost.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Warsiti menyarankan agar program vaksinasi Covid-19 tetap dilanjutkan di bulan Ramadan.

Bila ada golongan yang takut divaksin di siang hari puasa karena tubuhnya lemah, atau takut vaksinasi  membatalkan puasanya, hematnya vaksinasi Covid-19 bisa dilaksanakan di malam hari.

“Ya bagaimana waktu yang diperbolehkan, mungkin malam hari pelaksanaannya. Daripada harus menunggu habis lebaran kan Mas,” ungkap politisi dari Partai Hanura itu, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Bisa Dilakukan saat Bulan Ramadan

Bila skema vaksin dari pemerintah berjalan sesuai target, lebih lanjut Warsiti berharap pemerintah melonggarkan protokoler kesehatan di tempat ibadah. Seperti diperbolehkannya ibadah sholat tarawih dan idul fitri tanpa pembatasan kuota.

“Bisa jadi (kalau sudah divaksin) malah dalam lebaran nanti warga sudah tidak takut keluar karena sudah di vaksin. Tapi meski sudah di vaksin ya tetap prokesnya jangan di tinggalkan,” imbau Anggota Komisi A DPRD Pati itu.

Mendekati bulan Ramadan di tengah pandemi dan program vaksinasi dari pemerintah, banyak masyarakat was-was terkait kebolehan divaksin saat menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: DPRD Pati Minta Vaksinasi Guru Bisa Selesai Sebelum Juli

Wacana tersebut menuntut Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat mengeluarkan fatwa tentang diperbolehkannya vaksinasi saat menjalankan ibadah puasa.

Dalam fatwa tersebut MUI memberikan tiga rekomendasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di bulan ramadan. Pertama, pemerintah dapat melaksanakan vaksinasi Covid-19 di siang hari dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan umat Islam yang berpuasa.

Kedua, pemerintah dapat melakukan vaksinasi di malam hari kepada umat Islam yang di siang harinya menjalankan puasa.

Rekomendasi ketiga, umat Islam wajib berpartisipasi dalam program vaksin Covid-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk mewujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari covid-19.(Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait