oleh

Percepatan Vaksinasi Guna Tangkal Mutasi Covid-19

Pati, Mitrapost.com – Kabar penemuan mutasi corona virus desease (Covid-19) masih terus bergulir. Setidaknya saat ini ada lima varian virus baru yang telah diketahui. Diantaranya B.1.1.7 asal Inggris, B.1.351 dari Afrika, P.1 dari Brazil, N439K dari Inggris dan D614G.

Varian B.1.1.7 saat ini telah dilaporkan di 70 negara, sedangkan virus B.1.352 telah muncul di 20 negara, P1 telah dilaporkan lebih dari 30 negara.

Sementara varian virus N439K telah dilaporkan oleh 30 negara. Sementara mutasi Covid-19 D614G sudah mendominasi 78 persen kasus di dunia. Isu bertambahnya jenis virus corona ini tentunya makin membuat masyarakat khawatir, tak terkecuali di daerah.

Baca: Vaksinasi Covid-19 Bisa Dilakukan saat Bulan Ramadan

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Bambang Susilo mengatakan ia berharap vaksinasi Covid-19 dari pemerintah dipercepat sehingga virus corona di Pati tak sampai bermutasi.

“Masih banyak yang belum divaksin kita harapkan pemerintah mempercepat vaksinasi itu. Karena satu-satunya jalan menghindari mutasi virus menurut kami vaksinasi yang cepat,” ujar Babang saat diwawancarai Mitrapost.com

Bambang mengaku anggota legislatif di Pati turut mengawasi jalannya skema program vaksin di Pati.

Baca: Tinjau Vaksinasi, Kapolri dan Panglima TNI Pastikan Berjalan Baik

“Itu kebijakan pusat kita di daerah mengikuti pusat sudah diatur kementerian. Insyaallah bisa sepanjang vaksinasi ini berjalan sesuai skema pemerintah pusat. Kayaknya sudah sesuai jadwal soalnya secara nasional kan sama,” kata Ketua Komisi A DPRD Pati itu.

Kepada masyarakat ia mengmbau kepada golongan yang telah mendapatkan vaksin tetap terapkan protokoler kesehatan. Sementara warga sipil yang belum mendapatkan jatah vaksin agar kooperatif bersedia di data dan divaksin oleh pemerintah. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait