Tingkatkan Keuntungan Petani, Pemkab Rembang Salurkan Puluhan Alsintan

Kepala Dinas Pertanian, Agus Iwan Haswanto menambahkan pemerintah harus mendampingi petani agar mampu memanfaatkan sumberdaya secara optimal dan meningkatkan efisiensi usaha pertanian. Sehingga petani mampu bersaing dalam harga pasar.

“Melalui bantuan mekanisasi pertanian baik pra maupun pascapanen dapat membantu memanfaatkan waktu tanam, karena terbatasnya ketersediaan air, mengurangi tenaga kerja dan menjaga kualitas hasil panen. Serta memanfaatkan limbah pertanian untuk pakan ternak, sehingga budidayanya akan memberikan hasil sepadan.”

Baca juga: Jelang Puasa, Harga Cabai di Rembang Naik

Eko Hadi mewakili Kelompok Tani Ternak Subur Desa Meteseh Kecamatan Kaliori mengaku bersyukur mendapatkan bantuan mesin pencacah rumput yang bisa digunakannya untuk menggiling limbah pertanian menjadi butiran kecil.

Baca Juga :   Jual Miras di Bulan Ramadan, Warkop di Rembang Digerebek Polisi

“Yang dicacah biasanya janggel, bonggol ketela, nanti keluarannya kecil- kecil yang nanti difermentasi untuk pakan ternak. Limbah- limbah ini biasanya terbuang, dibakar , kalau pakai ini untuk limbah sudah bisa dimanfaatkan,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati