oleh

Dewan Pati Tolak Tegas Wacana Pemerintah Impor 3 Juta Ton Garam

Pati, Mitrapost.com – Selain beras, tahun ini pemerintah juga berencana akan mengimpor garam sebanyak 3 juta ton, dikarenakan stok garam nasional sedang menipis.

Wacana ini tentunya mendapat penolakan dari berbagai golongan. Termasuk diantaranya Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Sutarto Oenthersa. Ia menganggap kebijakan tersebut harus dikaji lebih dalam.

Politisi dari Partai PDI itu dengan tegas menyatakan ketidaksepakatannya terhadap wacana impor garam. Ia khawatir bila wacana ini terealisasi akan mencederai petani garam di Indonesia, khususnya petani di garam warga Pati.

Baca juga: Pilkades Batal Karena Balon Mundur, Dewan Pati: Pilkades Bukan Ajang Coba-coba

Seperti diketahui, Kabupaten Pati merupakan salah satu daerah pemasok garam nasional yang cukup besar, bahkan kualitas garamnya bersaing dengan kota Madura.

Jika impor ini diteruskan dipastikan masyarakat kecil yang paling dirugikan. Apalagi pada bulan April hingga Mei mendatang petani garam di Pati sedang dalam masa panen raya.

“Ora setuju ah, lha bulan April Mei ini sudah musim kemarau biar petani dapat hasil mas,” tegas Sutarto saat diwawancarai Mitrapost.com, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: KKP Dinilai Tak Berpihak Nelayan, Dewan Pati dan Nelayan Siap Sambangi DPR

Pemerintah menyatakan impor 3 juta ton garam yang diwacanakan adalah garam jenis bahan baku industri buka jenis garam untuk konsumsi rumah tangga.

Sementara di Pati, garam yang diproduksi adalah untuk kebutuhan konsumsi. Oleh pemerintah garam rakyat dianggap belum bisa menyamai kualitas garam industri.

Kendati demikian, melakukan impor garam dianggap kurang bijaksana. Akan lebih bijak bila pemerintah mampu menyiapkan sarana prasarana agar garam di daerah bisa diolah menjadi garam industri sehingga bisa diserap oleh pemerintah dan tidak ketergantungan dengan garam impor.(Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Komentar

Berita Terkait