Jelang Paskah, Polrestabes Semarang Tingkatkan Penjagaan di Gereja

Semarang, Mitrapost.com – Kepolisian Resor Besar (Polrestabes) Semarang memperketat pengamanan menjelang perayaan paskah. Hal ini buntut adanya insiden ledakan bom di sekitar Gereja Katedral Makassar, Minggu (29/3).

“Terkait kejadian di Makassar, pimpinan Polda Jateng sudah instruksikan kepada kami dan ditindaklanjuti. Pertama adalah menghadirkan kegiatan kepolisian di tengah masyarakat termasuk aktivitas saudara kita yang nasrani yang melaksanakan perayaan pekan Paskah,” kata Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, Senin (30/3/2021).

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak gereja terkait pengamanan dan juga penegakan protokol kesehatan. Sehingga, semua lini dapat bersinergi.

“Pengamanan sudah standar, ada stasioner dan patroli. Stasioner tempatkan anggota dan titik yang dianggap butuh kehadiran polisi. Pola lainnya patroli ke tempat yang kita sudah tentukan yang diaggap rawan. Sterilisasi sudah dilakukan terhadap tempat yang dijadikan tempat pelaksanaan Paskah,” jelasnya.

Baca Juga :   Tantangan Perkelahian, 20 Remaja Dibekuk Polrestabes Semarang

Baca juga: Video : 100 Hari Kerja Kapolri, Polrestabes Semarang Adakan Pelatihan SIM Gratis Bagi Difabel

Salah satu yang menjadi fokus pengamanan, lanjutnya, adalah melarang orang yang tidak berkepentingan untuk bisa masuk gereja.

Kami imbau seluruh gereja untuk melakukan mekanisme kegiatan yang sesuai dengan protokol kesehatan. Ada barcode, tidak semua orang bebas masuk ke gereja. Jumlah sudah diatur, sehingga yang lain mengikuti secara virtual,” kata dia.

Pantauan Mitrapost.com di Gereja Katedral Semarang, polisi bersama dengan anjing pelacak melakukan penyisiran ke setiap sudut gereja untuk mengatisipasi adanya sesuatu yang mencurigakan dan berbahaya.

Selain itu, akses keluar masuk gereja dijaga ketat oleh petugas keamanan. Jika tidak berkepentingan maka palang pintu tidak akan dibuka.

Baca Juga :   Distributor Gas LPG Dirampok, 5 Pelaku Diamankan saat Kabur ke Jabar

Barcode berisi data jemaat juga tersedia di pintu masuk gedung gereja. Bahkan bangku-bangku telah disesuaikan berdasarkan data dan tempat tinggal jemaat. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral