Megengan, Tradisi Sambut Bulan Ramadan Ala Masyarakat Jawa

Pati, Mitrapost.com – Menyambut bulan suci Ramadan 1442 Hijriah yang jatuh pada 13 April 2021 depan, masyarakat yang bersuku Jawa mempunyai tradisi khas. Tradisi itu dinamakan Megengan.

Orang-orang Jawa melakukan berbagai acara dan doa bersama untuk menyambut bulan Puasa. Tak terkecuali masyarakat di Kabupaten Pati. Mereka melakukan membersihkan makam para leluhur serta melakukan ziarah kubur.

Megengan ini tercermin di Desa Pagerharjo, Kecamatan Wedarijaksa. Selain menghelat Megengan atau Ruwahan, warga juga turut menggelar pentas seni budaya yang dilaksanakan secara sederhana di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Menjelang Ramadan, Harga Daging Ayam di Rembang Merangkak Naik

Kegiatan yang diisi dengan pengajian, tari, menyanyikan lagu religi, baca puisi, pencak silat, dan dolanan tradisional ini sebagai bentuk antusias masyarakat Pati, khususnya anak-anak menyambut bulan Ramadan.

Baca Juga :   Bahaya, Kakak Bisa Jadi Perawan Tua Bila Adiknya Menikah duluan

“Kita puunya kegiatan untuk menyambut bulan Ramadan seperti Megengan. Kita juga buat acara tradisional dengan ciri khas kita yang selama ini hampir punah. Sekaligus melestarikan budaya-budaya yang hilang. Terlebih mengedukasi anak-anak,” ujar Pegiata Omah Dolanan Tradisional, Moh Toyyib, Sabtu (3/4/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati

Komentar