Harga Jual Mahal, Kenali Kendala Budidaya Porang

Pati, Mitrapost.com – Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Winong Dinas Pertanian Kabupaten Pati gencarkan budidaya tanaman porang di wilayah kerjanya.

Porang adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang dapat dimakan. Namun porang biasanya diekspor dalam bentuk cips atau tepung untuk digunakan sebagai bahan industri pangan, obat, dan kosmetik.

Eko Susilo selaku koordinator BPP Kecamatan Winong mengatakan budidaya porang adalah salah satu jenis usaha yang masih minim pesaing di Kabupaten Pati. Di sisi lain harga porang saat ini masih mahal. Bayangkan saja 1 hektare lahan porang ditaksir bisa mendatangkan keuntungan hingga Rp800 juta.

Baca juga: Video : Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kodim Rembang Optimalkan Budidaya Porang

Baca Juga :   Pupuk Subsidi di Pati Aman, Distribusi Dilakukan Sesuai Prioritas

Pemasaran porang juga terbilang mudah, Kabupaten Pati diketahui mempunyai mitra dua pabrik penerima porang mentah. Yakni PT. Ambiko dari Banyuwangi dan PT Prima Konjak dari Madiun. Selain itu, peminat tanaman yang sering disebut iles-iles ini juga banyak di media sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati