Cara NU Tangkal Paham Radikal di Lingkungan Pesantren

Pati, Mitrapost.com – Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pati, Yusuf Hasyim mengatakan pihaknya ketatkan pemantauan di wilayah pesantren seiring maraknya kasus terorisme dan radikalisme di Indonesia dalam beberapa pekan kemarin.

Yusuf juga mengaku pihak NU pernah menemukan perorangan atau golongan yang berpotensi memecah persatuan NKRI. Oleh karenanya, pengawasan kepada generasi muda pesantren menjadi prioritas.

“Sebenarnya kita sudah bisa mengidentifikasi person dan gerakan yang mengarah tentang aksi intoleran dan radikal di Pati. Kami selalu berkoordinir dengan pemerintah, TNI, dan Polri. Memang agak sulit mengidentifikasi gerakannya karena tidak nampak secara riil dalam organisasi yang eksplisit kelompok radikal,” Yusuf Hasyim kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   Permainan Tradisional Dinilai Bisa Ajarkan Siswa Tak Berpaham Radikal

Baca juga: Dewan Pati: Dialog Lintas Agama dapat Jaga Kerukunan

Selain lakukan identifikasi, sebagai tindakan preventif NU melalui lembaga otonom pesantren NU, Rabithah al-Ma’hid al-Islamiyya (RMI) selalu memastikan pesantren-pesantren di Pati di bawah naungan NU diperhatikan kurikulum pembelajarannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati

Komentar