Amankah Penderita Diabetes Berbuka dengan Kurma? Ini Penjelasannya

Namun, apakah penderita diabetes aman mengonsumsi kurma saat berbuka puasa?

Menurut Ahli Gizi UGM Lily Arsanti mengatakan penderita diabetes dapat mengonsumsi kurma. Lantaran kurma yang memiliki rasa manis, gula yang tergandung dengan jenis fruktosa dan glukosa bukanlah sukrosa. Fruktosa memiliki indeks glikemik yang rendah dibanding glukosa dan sukrosa.

Penderita diabetes diminta untuk menghindari makanan dengan kadar tinggi gula dan tinggi kalori karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Insulin memiliki peran mengatur kadar gula dalam darah.

Nah, produksi hormon insulin di tubuh penderita diabetes sangatlah rendah. Dengan tidak adanya jumlah insulin yang memadai, glukosa dalam tubuh tidak habis dan kadar yang sama meningkat dalam aliran darah penderita diabetes.

Baca Juga :   Manfaat Kurma untuk Buka Puasa

Baca juga: Menu Buka Puasa praktis dan lezat

Penderita diabetes bisa makan 2-3 kurma per hari asalkan mereka berhati-hati dan mempertahankan kebiasaan makan sehat secara keseluruhan. Jadi jika sudah makan kurma sampai 3 buah lalu masih makan makanan manis lainnya, bisa menaikkan kadar gula darah. Selain itu disarankan untuk tetap melakukan olahraga sekitar 30 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati