oleh

Amankah Penderita Diabetes Berbuka dengan Kurma? Ini Penjelasannya

Mitrapost.com – Berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang manis. Hal ini agar kebutuhan energi yang kosong selama seharian penuh mudah untuk didapatkan kembali.

Namun, bukan berarti semua jenis makanan yang manis baik dikonsumsi. Yang dimaksud di sini adalah rasa manis yang terkandung dalam buah-buahan alami dan juga kurma.

BPKAD Pati

Buah yang juga sering disebut sebagai buah nabi ini nyatanya kaya nutrisi menguntungkan. Secara umum, kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohirat. Kurma juga mengandung beberapa sumber nutrisi lainnya, seperti:

  • 7 gram serat
  • 2 gram protein
  • 20% kebutuhan kalium harian
  • 14% kebutuhan magnesium harian
  • 18% kebutuhan tembaga
  • 15% kebutuhan mangan
  • 5% kebutuhan zat besi harian
  • 12% kebutuhan vitamin B6 harian

Baca juga: Tips Menjalani Puasa Ramadan Hari Pertama dengan Lancar

Tak hanya itu. Kurma juga kaya akan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin.

Namun, apakah penderita diabetes aman mengonsumsi kurma saat berbuka puasa?

Menurut Ahli Gizi UGM Lily Arsanti mengatakan penderita diabetes dapat mengonsumsi kurma. Lantaran kurma yang memiliki rasa manis, gula yang tergandung dengan jenis fruktosa dan glukosa bukanlah sukrosa. Fruktosa memiliki indeks glikemik yang rendah dibanding glukosa dan sukrosa.

Penderita diabetes diminta untuk menghindari makanan dengan kadar tinggi gula dan tinggi kalori karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Insulin memiliki peran mengatur kadar gula dalam darah.

Nah, produksi hormon insulin di tubuh penderita diabetes sangatlah rendah. Dengan tidak adanya jumlah insulin yang memadai, glukosa dalam tubuh tidak habis dan kadar yang sama meningkat dalam aliran darah penderita diabetes.

Baca juga: Menu Buka Puasa praktis dan lezat

Penderita diabetes bisa makan 2-3 kurma per hari asalkan mereka berhati-hati dan mempertahankan kebiasaan makan sehat secara keseluruhan. Jadi jika sudah makan kurma sampai 3 buah lalu masih makan makanan manis lainnya, bisa menaikkan kadar gula darah. Selain itu disarankan untuk tetap melakukan olahraga sekitar 30 menit.

Nah bagi kalian yang memiliki Riwayat sakit diabetes masih bisa menikmati hidangan kurma saat berbuka puasa nanti. Namun, perlu diingat untuk tetap mengontrol asupan makanan yang mengandung tinggi gula ya!

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait