oleh

Dishub Jateng Siapkan 3 Skenario untuk Larangan Mudik 2021

Mitrapost.com– Berkaitan dengan larangan mudik yang diselenggarakan pada 6-17 Mei 2021, Dishub Jateng siapkan 3 skenario.

Berdasarkan Surat Edaran resmi dari Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021. Pemerintah melarang masyarakat dan seluruh pihak untuk melakukan mudik.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) provinsi Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro menyatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan 3 skenario.

“Sekarang ini kita coba antisipasi untuk pelarangan mudik di tahun 2021 ini. Kita ada skenario tiga cara,” ujar Henggar pada (12/4/2021)

Baca Juga: Operasi Candi 2021, Kapolres Demak: Nekat Mudik Dipaksa Putar Balik

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, diprediksi akan adanya potensi mudik dini yang dilakukan oleh warga Jateng, dengan persentase sebesar 20 persen. Skenario pertama yang dilakukan adalah dengan menggunakan posko mobile.

Baca Juga :   Remaja Durhaka di Solo, Pukul dan Ludahi Ibu Kandung

“Data survei Kementerian Perhubungan, ada potensi pemudik Jawa tengah sekitar 4,6 juta. Kita coba antisipsai dengan kita melakukan posko mobile,” ujar Henggar

Posko mobile dilakukan sebelum masa pelarangan mudik mulai diterapkan.

“Posko mobile ini tentunya kita bekerja sama dengan instansi tekait, dari kabupaten dan kota, TNI-Polri, harapannya seperti yang disampaikan Dirlantas (Dirlantas Polda Jateng), sebelum masa pelarangan ini juga sudah ada pembatasan pergerakan orang yang masuk ke Jawa Tengah,” ujar Henggar

Baca Juga: 14 Titik Posko Penyekatan Mudik di Jawa Tengah

Skenario kedua, dilakukan dengan optimaliasasi program Jogo Tonggo, jika ada orang yang terlanjur mudik ke kampung halaman.

“Di Jawa Tengah ini kan kita tahu, kita kenal dengan Jogo Tonggo. Nanti optimalisasinya di situ. Jadi itu yang akan melakukan penanganan terhadap orang yang terlanjur mudik dan sudah sampai ke kampung halaman,” ujar Henggar

Baca Juga :   Sinergi Muspika dan Masyarakat Tangani Pemudik, Kecamatan Winong Zero Covid

Sedangkan skenario ketiga, akan dilakukan operasi ketika masa pelarangan mudik diterapkan. Bertempat di titik- titik yang sudah ditentukan oleh pihak kepolisian.

“Kita bersama di situ, sinergi di lapangan,” ujar Henggar

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Rudy Syarifudin, juga mengungkapkan akan melakukan kegiatan sosialisasi terkait pelarangan mudik tersebut.

Selain itu, para personel juga akan berjaga di rest area selama 24 jam. Serta penyekatan yang sudah tersebar di 14 pos lokasi yang telah ditentukan.

Baca Juga:

Baca Juga :   Video : Cara Membuat Partisi Baru (D/E/F) di Windows 10

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar