oleh

Kebutuhan Masih Kecil, Harga Daging di Pati Stabil di Awal Ramadan

Pati, Mitrapost.com Pantauan harga kebutuhan pokok masyarakat di awal bulan Ramadan masih stabil, khususnya harga daging yang rawan naik di momen bulan puasa dan lebaran.

Berdasarkan pantauan Kepala Seksi (Kasi) Agribisnis Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati, Cahyo Yuwono, harga daging sapi di pasar masih Rp105.000 per kilogram. Sementara untuk harga daging kambing mencapai Rp95.000 per kilogram.

BPKAD Pati

“Harga daging sapi dan kambing tidak mengalami kenaikan. Kami berupaya akan terus memantau harga daging tersebut,” ujarnya saat ditemui, Rabu (15/4/2021) kemarin.

Stabilnya harga daging sapi disebabkan karena stok sapi di beberapa peternakan di Bumi Mina Tani cukup. Walaupun permintaan masyarakat meningkat pada bulan Ramadan, akan tetapi stok masih tetap terkendali.

Baca juga: Kepokmas Rawan Naik Saat Ramadan, Bupati Semarang Sidak ke Pasar

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Kabupaten Pati, Andi Hirawadi menyebut tidak ada perubahan harga daging secara signifikan di Kabupaten Pati meski memasuki hari besar keagamaan. Hal tersebut karena kebutuhan daging di Bumi Mina Tani masih relatif sedikit jika dibanding kota lainnya.

“Dapat dikatakan minat masyarakat di sini terhadap daging sapi masih relatif kecil. Karena memang kita kota kecil. Berbeda dengan di Semarang, Bandung, dan Jabodetabek,” ungkapnya.

Baca juga: Harga Daging Ayam Naik dalam Sepekan Terakhir

Sementara daging sapi dari Pati, lanjut Andi, merupakan penyangga kebutuhan daging untuk wilayah Jabodetabek. Saat ini harga daging sapi di Jabodetabek mencapai Rp120.000 sampai dengan Rp150.000 per kilogram. Harga tersebut meningkat secara signifikan akibat kebutuhan masyarakat yang juga meningkat di bulan puasa.

Dirinya mengaku stok sapi hidup di Kabupaten Pati mampu untuk menyuplai kebutuhan daging sapi di wilayah Jabodetabek di hari keagamaan. Yakni dengan daya suplai rata-rata 30 sampai dengan 40 ekor sapi per hari ke Bandung dan Jabodetabek.

“Melihat kepastian adanya stok sapi hidup yang cukup. Kami optimis sanggup menyuplai sapi untuk mencukupi kebutuhan bahan pokok di Jabodetabek dan Bandung,” ungkap Andi. (*)

Baca juga: Harga Gabah Anjlok, Harga Ternak di Pasar Pon Blora Terpengaruh

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait