oleh

Cara Hindari Dehidrasi Ketika Berpuasa

Mitrapost.com– Berpuasa seharian penuh, akan menjadikan tubuh menjadi kekurangan asupan nutrisi dan cairan, sehingga berisiko mengalami dehidrasi.

Sedangkan tubuh manusia, terdiri dari 70 persen cairan. Cairan juga berperan penting untuk mempertahankan fungsi tubuh tetap normal.

BPKAD Pati

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh, menjadikan risiko dehidrasi lebih tinggi. Hal ini dapat menyebabkan rasa haus, kurang konsentrasi, lemas, pusing, serta daya tahan tubuh menurun.

Apalagi, jika melakukan aktivitas yang cukup menguras energi. Berikut cara hindari dehidrasi ketika berpuasa.

Baca Juga: Vaksinasi saat Puasa, Tak Halangi Pembentukan Daya Tahan Tubuh

  1. Penuhi kebutuhan cairan ketika sahur

Ketika berpuasa, sebaiknya cukupi kebutuhan cairan pada saat sahur dan berbuka. Hal tersebut berguna untuk menghindari dehidrasi ketika menjalankan ibadah puasa.

Bagi orang dewasa, kebutuhan cairan dalam sehari, setidaknya 8 gelas atau setara dengan 2 liter air putih.

Untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh, terapkan pola 2-4-2. Yaitu, 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas air putih saat berbuka, dan 2 gelas air putih menjelang tidur.

Baca Juga: Menu Takjil Nikmat dan Mengenyangkan untuk Berbuka Puasa

  1. Hindari aktivitas terlalu berat

Saat menjalankan puasa sehari penuh, hindari aktivitas yang terlalu berat, untuk menyimpan energi selama sehari. Selain itu, untuk menghindari rasa haus dan juga dehidrasi.

Ketika melakukan aktivitas terlalu berat, tubuh akan kehilangan banyak cairan, dan menjadi mudah haus.

Sebaiknya, lakukan aktivitas berat di malam hari, ketika sudah berbuka puasa. dengan begitu, akan menjadikan tubuh terhindar dari dehidrasi.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait